JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki karpet yang tepat merupakan salah satu cara membuat ruang keluarga menjadi lebih nyaman.

Ditambah, tampilan dan desain karpet harus melengkapi desain dan skema warna ruangan serta furnitur dan barang dekorasi lainnya di ruang keluarga seperti sofa, meja kopi, bahkan meja samping jika memilikinya.

Baca juga: Karpet Polos Vs Berpola, Mana yang Lebih Baik untuk Dipilih?

Karena itu, beberapa orang menghabiskan waktu cukup lama untuk mempertimbangkan beragam hal sebelum memutuskan membeli karpet ruang keluarga.

Disadur dari Tips DekorasiRabu (3/8/2022), ada beberapa cara memilih karpet ruang keluarga untuk memudahkan pertimbangan dan pembelian barang dekorasi ini sebagai berikut.

Baca juga: 6 Tips Memilih Karpet yang Tepat untuk Kamar Tidur Anak

Tentukan fungsinya

Shutterstock/Ikuti alurnya Ilustrasi ruang keluarga

Kamu perlu menentukan dulu apa fungsi dari karpet di ruang keluarga. Jika ruang keluarga cukup polos, karpet berfungsi memberikan elemen tekstur.

Artinya, gunakan karpet bertekstur tumpukan panjang (bulunya panjang dan tinggi) atau karpet berbulu keriting. Misalnya, karpet yang mengimitasi salah satu bulu hewan seperti karpet kulit domba.

Untuk ruang keluarga yang furnitur dan dindingnya berwarna polos dan seragam, karpet berfungsi  menambahkan elemen pola. Pilih karpet bermotif karpet Persia atau karpet berpola geometris yang modern.

Baca juga: 4 Penyebab Karpet Berbau Tidak sedap

Ketahui ukurannya

Setelah menentukan fungsi karpet, ketahui dan hitung ukurannya. Jika menggunakan karpet di area tempat duduk, karpet garus menutupi ruang tersebut.

Artinya, setiap furnitur yang ada di area tempat duduk seperti sofa, kursi berlengan, dan meja kopi, harus berada di dalam karpet. Jika tidak memungkinkan, pilih karpet yang ukurannya setidaknya mencakup kaki depan furnitur.

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Karpet Persia Asli Harganya Mahal

Berkoordinasi dengan desain interior

Tampilan karpet harus selaras dengan desain interior yang diterapkan di ruang keluarga. Artinya, karpet bundar tidak cocok dengan ruangan bergaya kontemporer.

Detail ini dapat meningkatkan atau mengurangi efek kehadiran karpet pada ruangan. Untuk ruang keluarga dengan furnitur ringan, karpet persegi panjang yang bermotif adalah pilihan tepat.

Dapatkan update berita unggulan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari www.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News