Setiap orang pasti pernah mengalami galau. Biasanya, galau terjadi akibat suatu kondisi yang terjadi gak sesuai dengan ekspektasi. Penyebab galau di antaranya adalah putus cinta, perasaan yang bertepuk sebelah tangan, bahkan masalah pekerjaan dan tugas kuliah yang menumpuk.

Galau dapat menyebabkan seseorang kehilangan semangat dalam menjalani aktivitasnya. Murung, lesu, gak doyan makan, serasa dunia sudah berakhir untuknya. Padahal, masih banyak harapan lain yang menunggu kamu untuk mengejarnya.

Apabila galau dibiarkan berlarut-larut, maka hal itu dapat merusak sisi positif dalam hidup kamu. Oleh karena itu, berhenti galau dengan 3 cara berikut!

1. Mandi Air Dingin

ilustrasi mandi (pixabay.com/sasint)

Menurut beberapa jurnal, mandi dapat membantu tubuh melepaskan endorfin. endorfin sendiri merupakan hormon yang membuat kita bisa merasa bahagia. Dengan terlepasnya hormon endorfin saat kamu mandi dengan air dingin, tentu perasaan kamu akan mulai sedikit lebih baik.

Ketika kamu lagi ngerasa galau, buruan deh pergi ke kamar mandi dan mandi sesegera mungkin biar kamu merasa lebih segar dan pikiran kamu jadi lebih enteng. Eits, tapi inget mulai basuh dari kaki dulu ya, baru ke atas sampai ujung kepala.

Jika kepala basah dan dingin, darah semua akan mengalir ke kepala untuk memanaskan kepala, ini logika ‘manusia berdarah panas‘, apabila ada saluran darah sempit, maka dapat terjadi kondisi saluran darah pecah. Ini sering terjadi di kamar mandi.

2. Olahraga Rutin

ilustrasi olahraga (pixabay.com/5132824)
ilustrasi olahraga (pixabay.com/5132824)

Banyak ahli kesehatan yang telah menyarankan olahraga sebagai aktivitas yang harus rutin dilakukan oleh orang yang mengalami depresi. Olahraga rutin dapat membantu kamu menjadi lebih bugar. Selain itu, olahraga juga dapat mengalihkan perhatianmu dari kegalauan yang sedang melanda.

Dampak positif lain yang diperoleh ketika telah rutin berolahraga adalah tidur jadi lebih nyenyak dan berkualitas. Kombinasi antara olahraga dan tidur berkualitas merupakan tips paling jitu buat mengusir galau.

3. Berdoa

ilustrasi beribadah (unplash.com/Masjid Pogung Dalangan)
ilustrasi beribadah (unplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Galau bagi sebagian orang berhubungan erat dengan kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, selain aktivitas fisik, kamu juga harus memperbanyak aktivitas rohani. Beribadah dan berdo’a terbukti dapat memberikan harapan bagi orang yang sedang terpuruk.

Tuhan gak pernah tidur sob, dan Tuhan selalu ngasih cobaan sesuai dengan kemampuan hambaNya. Maka dari itu, perbanyak berdo’a, memohon ampunan dan petunjuk dari setiap masalah yang kamu hadapi!

Itulah cara mengusir galau. Semoga masalah kamu cepat selesai ya, amin!


Artikel ini bersumber dari yoursay.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News