5 Cara Menghindari Rambut Terbakar Matahari Saat Liburan

Liburan memang sangat menyenangkan. Apalagi dihabiskan dengan melakukan kegiatan di luar ruangan. Bagi kamu pria yang suka dengan aktivitas tersebut, maka harus melakukan perawatan ekstra, terutama pada rambut.

Kesehatan rambut harus dijaga dari paparan sinar matahari karena jika tidak, maka rambut akan kehilangan warna alaminya dan juga bahkan dapat terjadi kerusakan yang parah. Jadi, bagaimana supaya acara liburan tetap terasa aman untuk rambut? Berikut lima cara menghindari rambut terbakar matahari saat liburan berlangsung.

1. Menjaga rambut tetap lembab

ilustrasi pria dengan rambut yang sehat (unsplash.com/Derick McKinney)

Sinar matahari, air garam, dan keringat berpotensi besar dalam menghilangkan kelembapan pada tiap helai rambut. Hal tersebut menjadikan rambut kering dan lama-kelamaan terjadi kerusakan. Untuk menghindarinya, kamu dapat menjaganya dengan cara memakai penutup kepala seperti topi untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

Penggunaan topi dapat membantu dalam menjaga rambut dari kekeringan dan juga melindungi warna alami rambutmu. Untuk memberikan perawatan ekstra pada rambut, kamu bisa memakai produk yang diformulasikan untuk melembapkan dan menjaga rambut dari sinar UV.

2. Memakai sampo dan kondisioner dengan UV protection

5 Cara Menghindari Rambut Terbakar Matahari Saat Liburan, Cek Bro!ilustrasi produk perawatan rambut (unsplash.com/pmv chamara)

Bila kamu ingin rambutmu senantiasa terawat, maka sebaiknya kamu memakai sampo dan kondisioner dengan formula yang dapat melindungi rambut dari sinar ultraviolet (UV) sebelum melakukan kegiatan di luar. Semakin berkeringat tubuh, maka semakin membuat rambut  berminyak.

Hal tersebut bisa terjadi karena ketika udara panas, kulit kepala juga akan berkeringat. Selanjutnya, secara alami mengalirkan lebih banyak sebum ke seluruh batang rambut yang dapat menjadi penyebab rambut menjadi semakin nampak berminyak. Kamu bisa mengakalinya dengan memakai pelindung kepala seperti topi, pembunuh atau kain yang juga sekaligus bisa melindungi kulit wajah kamu.

3. Membasahi tiap helai rambut dan mengaplikasikan kondisioner tanpa bilas

5 Cara Menghindari Rambut Terbakar Matahari Saat Liburan, Cek Bro!Good Virtues Co Shampo Perawatan Anti Ketombe Happy and Heavenly (jd.id/Good Virtues Co)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

pilihan Editor

Ketika sinar matahari memancar dengan kuat, maka rambut memiliki potensi untuk terpapar bahan kimia. Terutama saat kamu menghabiskan banyak waktu dengan berenang di kolam renang di luar ruangan.

Kandungan zat klorin pada air kolam atau air garam ketika berenang di laut, dan paparan sinar matahari dapat berdampak buruk bagi keindahan warna rambut. Kamu disarankan untuk membasahi rambut dan mengaplikasikan kondisioner pada setiap batang rambut tanpa dibilas sebelum berenang. Ini bertujuan agar rambut lebih menyerap kondisioner, bukan malahan zat klorin atau air laut dengan kandungan garam.

Baca Juga: 5 Penyebab Ketombe pada Rambut Pria, Wajib Tahu!

4. Gunakan minyak rambut yang mengandung polimer

5 Cara Menghindari Rambut Terbakar Matahari Saat Liburan, Cek Bro!ilustrasi pria dengan rambut yang sehat (unsplash.com/Karina Carvalho)

Bila rambut lebih sering tersentuh rendaman air garam, zat klorin, ataupun banyak terkena paparan sinar matahari, maka kamu bisa menggunakan minyak rambut yang mengandung polimer sebagai bentuk pertolongan pertama karena dapat menjadikan tekstur ikal tetap terjaga.

Selain itu, kandungan polimer pada minyak rambut terbilang elastis, lembut dan menjadikan rambut kian tebal. Bagi kamu yang mempunyai rambut panjang atau gondrong, maka kamu bisa mencoba untuk mengikatnya dan sebisa mungkin menghindari untuk menggerai rambut terlalu lama.

5. Jangan lupa untuk tetap memberikan perawatan pada rambut pasca berlibur

5 Cara Menghindari Rambut Terbakar Matahari Saat Liburan, Cek Bro!ilustrasi pria yang sedang melakukan perawatan (unsplash.com/delfina pan)

Bila kamu tak menjaga rambut dari paparan sinar matahari, air laut dengan kandungan garam atau zat klorin di kolam renang ketika liburan, maka kamu dapat melakukan perawatan ketika kondisi cuaca tak lagi panas atau dingin.

Kamu bisa memanjakan rambutmu dengan berkunjung ke salon atau melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Kamu juga sebaiknya memakai produk rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Jadi, kamu sekarang tak perlu khawatir lagi menghabiskan waktu liburan di bawah teriknya sinar matahari, ya!

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Rambut Untuk Pria dengan Rambut Kering, Ampuh!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Artikel ini bersumber dari www.idntimes.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News