5 Hama Tanaman Bawang Merah dan Cara Mengendalikannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Hama tanaman bawang merah menjadi salah satu organisme penggangu yang menimbulkan banyak kerugian seperti pertumbuhan dan produktivitas tanaman terganggu.

Tak hanya itu, budi daya bawang merah yang gagal atau tidak optimal bisa menyebabkan kenaikan harga pada komoditas ini. Apalagi, bawang merah menjadi komoditas penting bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: 3 Penyakit Bawang Merah yang Disebabkan Jamur dan Cara Mengatasinya

Karena itu, penting mengetahui jenis-jenis hama bawang merah dan cara mengendalikannya sebelum menanamnya.

Berdasarkan keterangan dalam buku Pengenalan Hama dan Penyakit pada Tanaman Bawang Merah dan Pengendaliannya, Sabtu (6/8/2022), berikut beberapa hama yang menyerang tanaman bawang merah dan cara mengendalikannya.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Merah Agar Tumbuh Subur

Laporkan bawang putih

SHUTTERSTOCK/KALE KKM Ilustrasi hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman.

Ulat bawang atau Spodoptera kecil merupakan jenis hama yang sering menyerang bawang merah. Larva ulat ini memiliki panjang sekitar 2,5 sentimeter.

Saat masih muda, ulat bawang berwarna hijau muda, sedangkan ketika tua, warnanya berubah menjadi coklat gelap dengan garis kekuning-kuningan. Gejala serangan hama ini berupa bercak putih transparan pada daun.

Apabila serangan terus berlanjut, daun tanaman menjadi kering dan umbi bawang menjadi busuk. Cara mengendalikan hama ulat bawang adalah melakukan pergiliran tanaman, penanam serentak, pemasangan perangkap menggunakan lampu yang di bawahnya terdapat baskom berisikan air, dan aplikasi insektisida.

Baca juga: Cara Mengendalikan Hama Ulat Grayak pada Tanaman Jagung

Lalat penggorok daun

Jenis hama tanaman bawang merah lainnya adalah lalat penggorok daun. Sesuai dengan namanya, hama ini menyerang bagian daun bawang merah.

Daun yang terserang akan memiliki bintik-bintik putih akibat tusukan lalat betina. Serangan berat mengakibatkan hampir semua daun penuh dengan bintik-bintik sehingga menjadi kering dan berwarna coklat seperti terbakar.

Artikel ini bersumber dari www.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News