Suara.com – Tidak jarang, penyesalan kerap datang setelah potong rambut dan menyadari bahwa Anda memotongnya sedikit berlebihan, padahal waktu untuk menumbuhkannya tidaklah sebentar. Beruntungnya masih ada beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa dicoba.

Salah satu poin utama adalah melancarkan aliran darah ke kulit kepala. Dilansir dari laman byrdie, berikut adalah tujuh cara menumbuhkan rambut dengan cepat.

1. Pijat kulit kepala

ilustrasi rambut wanita. (Pixabay.com/UniqueMarfa)

Perlu diingat bahwa rambut memiliki akar di kulit kepala, jadi penting untuk memberikan perawatan juga pada area ini. Memijat kulit kepala akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, meningkatkan kekuatan akar, hingga membantu nutrisi masuk ke folikel lebih cepat.

Cari di Kulkas, Ini 5 Makanan yang Ternyata Bisa Dimanfaatkan sebagai Masker Rambut Alami!

Untuk hasil maksimal, Anda bisa menambahkan minyak rosemary saat memijat kepala. Minyak ini sudah terbukti sejak lama dapat merangsang pertumbuhan rambut.

2. Masker kuning telur

Cara memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah membungkusnya dengan masker kuning telur. Masker kuning telur akan merangsang presentasi folikel rambut lebih cepat dan membuat rambut lebih sehat.

Buat masker rambut alami dengan mencampurkan dua butir kuning telur dan 2 sdm minyak zaitun. Lalu, tambahkan 1/2 gelas air supaya tidak terlalu lengket. Setelah itu, oleskan ada rambut dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan keramas seperti biasanya.

3. Gunakan minyak jarak

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Secara Alami, Termasuk Pakai Bantal dengan Sarung Sutra

Sifat antijamur dan antibakteri pada minyak jarak terbukti dapat membantu memerangi infeksi kulit kepala yang menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, pemijatan minyak jarak ke kulit kepala dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut sehingga pertumbuhan semakin cepat.

Bahan alami ini juga mengandung omega-6 dan vitamin E yang dapat mengatasi rambut kering dan menjaga kelembapan rambut.

4. Hindari merokok

Tidak dapat dipungkiri, merokok dapat membatasi aliran darah ke kulit kepala dan folikel, padahal ini merupakan hal penting untuk pertumbuhan rambut serta menjaga rambut supaya tetap sehat. Racun pada rokok juga bisa meresap ke dalam folikel rambut dan membuat banyak masalah.

Ilustrasi menata rambut (Pexels.com/RODNAE Productions)
Ilustrasi menata rambut (Pexels.com/RODNAE Productions)

5. Batasi hairstyle

Hairstyle di sini merujuk pada penggunaan alat-alat yang menyebabkan panas ke rambut. Bukan lagi rahasia bahwa paparan panas pada blow dryer atau styling iron bisa membuat rambut kering, rapuh, hingga membatasi pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, usahakan untuk mengeringkan rambut secara alami saja.

6. Hindari keramas berlebih

Banyak yang memaparkan bahwa keramas berlebih bisa membuat rambut patah, kering dan rapuh karena sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan jenis dry shampoo. Selain itu, ketahuilah jenis rambut untuk menentukan seberapa kering Anda perlu keramas.

7. Masker kayu manis

Tidak hanya baik untuk ditaburkan di atas oatmeal, penggunaan kayu manis rupanya juga bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat. Sifat antimikrobanya dapat merangsang sirkulasi darah dan transfer nutrisi ke kulit kepala.

Cara membuat masker kayu manis terbilang mudah. Campurkan bubuk kayu manis dengan minyak kelapa dengan perbandingan sama. Oleskan pada rambut dan tunggu selama 45 menit sebelum dibilas.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News