Liputan6.com, Jakarta Stres adalah kondisi yang dialami hampir secara teratur oleh semua orang—dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Tidak heran jika hal itu dapat berdampak negatif pada tubuh dan pikiran Anda, seperti diabetes, rambut rontok, jerawat, kelelahan mata, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, obesitas, kurang fokus, kelelahan, makan berlebihan atau kurang makan, dll.

Banyak nasihat tentang cara meminimalkan stres. Sebagian besar saran berfokus pada pengembangan kebiasaan jangka panjang, seperti berlatih yoga, makan makanan yang baik, menulis jurnal, dan tidur lebih banyak.

Tapi apa yang Anda lakukan ketika Anda mengatasi stres di meja Anda, dalam rapat, atau di rumah? Anda mungkin telah menerima umpan balik negatif dari klien, diberi tugas baru, atau berselisih paham dengan atasan, pemilik apartemen, keluarga, dll. Hubungan Anda dengan orang lain, diri Anda sendiri, dan orang lain dipengaruhi oleh cara Anda menanggapi dan mengelola masalah.

Psikolog Dr Malini Saba membagikan tujuh strategi efektif untuk menangani stres yang dirasakan saat itu juga.

1. Pahami dan terima indikator stres Anda

Kembangkan kemampuan untuk memahami indikator stres. Leher Anda mungkin menegang, perut Anda mungkin melilit, dan tangan Anda mungkin berkeringat. Semua ini adalah dampak dari apa yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Saat Anda stres, denyut nadi, detak jantung, dan hormon (kortisol, adrenalin) Anda meningkat. Stres merusak sistem kekebalan Anda serta kapasitas Anda untuk bersantai.

Menghadapi stres adalah kesempatan untuk mengatur ulang pikiran Anda dan menganggapnya sebagai kesempatan untuk maju. Otak sedang mengatur ulang dan mencoba belajar dari pengalaman sehingga Anda dapat mengelolanya secara berbeda di lain waktu.

Ketika Anda mengenali gejalanya daripada mengabaikannya, Anda harus fokus untuk mengatasi sumber stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ini Dia Dua Golongan Darah Paling Mudah Stres

Artikel ini bersumber dari www.liputan6.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News