Aplikasi Rekrutmen Pekerja Smelter Sudah Bisa Diakses

H. Muslimin (Suara NTB/dok)

Taliwang (Suara NTB) – Sistem Informasi Pelamar Tenaga Kerja Terintegrasi (SIP KANTI) yang akan digunakan sebagai aplikasi untuk proses rekrutmen tenaga kerja pembangunan pabrik smelter sudah bisa diakses. Aplikasi yang dibangun memakai google formulir (form) itu terhitung bisa diakses sejak, Senin, 8 Agustus 2022.

Berdasarkan percobaan media ini, untuk mengakses aplikasi tersebut terhitung cukup mudah. Cukup menuliskan alamat di mesin pencari di laptop/komputer atau HP, kita sudah bisa langsung memasuki halaman depan aplikasi.

Setelah memasuki halaman awal, prosesnya tinggal mengikuti petunjuk yang berisikan arahan pengisian data calon pelamar. Setidaknya ada 3 halaman isian yang harus dilalui calon pelamar. Pada halaman pertama data isian berupa daftar data pribadi pelamar, di halaman kedua pelamar mengisi data pendidikan dan keterampilan keahlian bahasa dan pengalaman kerja. Sementara halaman ketiga atau terakhir, calon pelamar diarahkan untuk mengisi nama perusahaan tujuan dan bidang yang diminati.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), H. Muslimin mengatakan, dengan mengisi data pada aplikasi SIP KANTI itu maka yang seseorang secara otomatis terdaftar sebagai calon pelamar tenaga kerja smelter di data base tim terpadu rekrutmen pekerja smelter. ‘’Kalau datanya benar semua dan dikirim ke kami. Selanjutnya tim akan verifikasi dan kalau sudah, maka secara otomatis masuk dalam data base tim,’’ terangnya.

Dari data pelamar itu lanjut Muslimin, tim akan melakukan penyesuaian pada lowongan pekerjaan yang akan dibuka nantinya. Jika ada tambahan persyaratan yang dibutuhkan, tim akan menyampaikan pemberitahuan kepada calon pelamar melalui surel (surat elektronik/email). “Jadi semua berjalan secara elektronik. Sehingga kami dapat pastikan semua transparan,’’ ujarnya.

Muslimin menambahkan, masyarakat yang berminat bekerja di proyek pembangunan smelter agar menyiapkan diri sejak sekarang. Terutama soal data-data yang dibutuhkan untuk mengisi formulir pendaftaran pada aplikasi SIP KANTI. ‘’Kesekian kali harapan ini saya sampaikan. Tolong lengkapi semua persyaratannya. Sebab ketika proses pendaftaran resmi kita buka, maka saat itu juga persyaratan harus diisi di aplikasi,’’ pungkasnya.(serangga)


Artikel ini bersumber dari www.suarantb.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News