Aplikasi SIKABARESIKU, Solusi Tingkatkan Kinerja BKKBN Maluku

Ambon, Tribun-Maluku.com : Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku berhasil membuat sebuah aplikasi dengan nama SIKABARESIKU (Sistem Informasi Kinerja dan Pengembangan Pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku).

Aplikasi SIKABARESIKU telah dilaunching oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Sarles Brabar, SE. M.Si pada perayaan Hari Keluarga Nasional ke-29 tanggal 29 Juni 2022.

Aplikasi ini sifatnya internal dan telah digunakan oleh pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku sejak 1 Juli 2022,” kata Kaper BKKBN Provinsi Maluku, Sarles Brabar, SE.M.Si di Ambon, Selasa (9/8/2022).

Menurut Brabar, aplikasi SIKABARESIKU ini merupakan salah satu inovasi Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dalam meningkatkan kinerja para pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.

Aplikasi SIKABARESIKU memiliki beberapa keunggulan seperti: 1. Memudahkan pemantauan, penilaian dan pengukuran atas kinerja harian dan bulanan setiap pegawai terhadap target kinerja, yang telah ditetapkan di dalam SKP dan juga merupakan salah satu acuan pemberian reward bagi pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.

Setiap kegiatan yang dilaporkan setiap harinya disertakan dengan bukti dokumen yang dapat diunggah pada aplikasi tersebut.

2. Memudahkan penyusunan DUPAK bagi Jabatan Fungsional Tertentu karena bukti dokumen pelaksanaan kegiatan telah diarsipkan didalam aplikasi dan dapat diunduh secara mandiri.

3. Memudahkan pelaporan pengembangan pegawai seperti workshop, seminar, diklat teknis dan lainnya yang diikuti oleh setiap pegawai dapat dilaporkan secara online melalui SIKABARESIKU setiap harinya beserta dokumen bukti pelaksanaan.

4. Memudahkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan perjalanan dinas setiap pegawai, karena laporan hasil perjalanan dinas seluruh pegawai dapat dikirim langsung ke Koordinator Bidang dan Kepala Perwakilan sehingga dapat menindaklanjuti segala rekomendasi tersebut secara cepat dan tepat.

Dikatakan, aplikasi SIKABARESIKU ini seperti namanya KABARESI yang dalam bahasa Ambon berarti Berjiwa Keras, Ksatria, Tangguh, Pemberani dan Pahlawan.

Hal tersebut dimaksudkan agar setiap ASN Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dapat menjadi tangguh dan berani dalam melaksanakan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan program Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Maluku, demi terwujudnya keluarga yang berkualitas di Provinsi Maluku.

Aplikasi ini sebagai aplikasi internal dalam bidang dan atar bidang di Perwakilan BKKBN Prov. Maluku, sebagai wujud penggalian potensi ASN dan tuntutan ASN yang berinovasi dan berkreativitas.

“Jadi sekarang ini lagi icon inovasi sebagai satu terobosan dan temuan inovasi BKKBN Provinsi Maluku, yang dijadikan sebagai sebuah perubahan untuk masuk dalam satu kategora wilayah zona integritas menuju ZIWBK dan akan menuju lagi ke WBBM,” ucap Barabar.

Aplikasi ini sudah dilaporkan ke BKKBN Pusat sehingga diharapkan dapat berkontribusi untuk kepentingan pelayanan dan kini sudah diluanching untuk dimanfaatkan pada bidang Sekretariat Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.

Artikel ini bersumber dari www.tribun-maluku.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News