Brilio.net – Typo adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan kesalahan dalam penulisan. Tak jarang typo dapat menimbulkan kesalahan penafsiran terhadap suatu tulisan atau kalimat.

Typo merupakan kesalahan yang bisa saja terjadi karena salah mengeja, salah menekan keyboard, atau ketidaksengajaan lainnya. Bahkan dalam berbagai situasi, typo perlu dihindari, seperti ketika membuat tulisan atau surat resmi, membuat berita, dan lainnya.

Tak jarang tulisan sependek apapun jika ada typo, pasti dapat menjadi masalah besar. Karena makna dan penulisan ketika typo bisa saja tak bisa dipahami bagi pembacanya. Maka dari itu penulisan kata perlu diperhatikan supaya tidak terjadi typo dan tulisan menjadi baik dan benar.

Lebih lanjut, berikut ulasan lebih lengkap mengenai typo, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (18/8).

salah ketik.

foto: freepik.com

Typo adalah kependekan dari typographical error. Dalam bahasa Indonesia, sebutan lain dari typo adalah salah tik atau saltik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salah tik diartikan sebagai salah menekan tombol pada papan tik yang mengakibatkan salah ejaan.

Secara historis, typo mengacu pada kesalahan dalam pengaturan tipe manual. Secara teknis, istilah ini mencakup kesalahan karena kegagalan mekanis atau selip tangan atau jari. Typo adalah kesalahan yang tidak disengaja dalam teks yang dicetak karena kata-kata yang salah ketik atau kesalahan manusia lainnya.

Menurut Kamus Merriam-Webster, typo adalah kesalahan (pada ejaan) dalam materi yang diketik atau ditulis. Menurut Cambridge Dictionary, typo adalah sebuah kecil kesalahan yang dibuat dalam teks ketika diketik atau dicetak.

(brl/ola)

Direkomendasikan Oleh Editor


Artikel ini bersumber dari www.brilio.net.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News