Bupati Banyuasin Launching Aplikasi ‘Santer’ – Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Banyuasin

PANGKALAN BALAI — Bupati Banyuasin H. Askolani meluncurkan sebuah aplikasi digital untuk pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin. Aplikasi tersebut adalah “Santer”, alias Satu Aplikasi Terintegrasi, yang dilaunching oleh Bupati H. Askolani bersama jajaran Forkopimda, di Gedung Auditorium Pemkab Banyuasin, Selasa (09/08/2022).

Peluncuran aplikasi yang dibuat oleh Pemkab Banyuasin melalui Bagian Organisasi Tata Laksana Sekretariat Daerah, ditandai dengan penekanan sidik jari dari atas panggung oleh Bupati Banyuasin bersama jajaran.

Bupati H. Askolani menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kab. Banyuasin atas dedikasinya dalam menciptakan inovasi dan kegiatan yang bermanfaat bagi Pemerintah Kabupaten Banyuasin

“Saya bangga dan berharap launching sistem aplikasi terintegrasi (Santer) ini merupakan inovasi Pemkab Banyuasin dalam mendukung tata kelola Pemerintahan.

Orang nomor satu di Banyuasin ini menambahkan masing masing aplikasi yang terdapat dari aplikasi santer ini dibuat untuk:

1. Si Laki (Sistem Informasi Laporan Kinerja Secara Elektronik) dibuat untuk penyimpanan digital dalam laporan kinerja

2. Si Janda (Sistem Informasi Analisis Jabatan secara. Elektronik) dibuat karena penyusunan analisis jabatan (Anjab) dan Analisis beban kinerja ABK) masih dibuat secara manual sehingga setiap terjadi perubahan struktur organisasi dan tata kinerja sering terjadi keterlambatan dan belum valid.

3. Si Puma ( Sistem informasi indeks kepuasan masyarakat secara elektronik) pelaporan survei kepuasan masyarakat dari penyelenggaraan belum tertib belum cepat dan akurat.

4. E-Personal (Kepegawaian secara elektronik) karena data kepegawaian belum ter-Update secara cepat dan otomatis.

5. E-Kinerja / E-TPP ( kinerja secara elektronik /Tambahan penghasilan pegawai secara elektronik) pengelolaan kinerja pegawai, pembuatan sasaran kinerja pegawai, penilaian prestasi kerja pegawai serta rekap pengelolaan pembayaran top masih dilakukan secara manual.

6. E-Jab (Evaluasi jabatan secara elektronik). setiap ada perubahan struktur organisasi dan tata kerja sering terjadi keterlambatan dalam memenuhi evaluasi jabatan dikarenakan masih dilakukan secara manual.

“Yang terpenting dari launching aplikasi ini adalah para tenaga teknis dari setiap aplikasi yang mengerti tentang IT. Maka dari itu kedepan kami dari Pemkab Banyuasin akan menerima tenaga teknis yang kalau bisa berasal dari masing-masing dinas. masalah gaji kita siapkan asal memang mengerti IT”, jelasnya.

Sementara itu Asisten Deputi Perumusan dan Organisasi Kebijakan Penyerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB, Komarudin, Ak., M.Sc secara virtual menyatakan sangat mengapresiasi launching aplikasi ini karena dapat mendorong percepatan birokrasi yang ada di Pemkab Banyuasin.

“Hebatnya Pembuatan aplikasi ini dilandasi oleh adanya penerjemahan yang berbeda-beda terhadap sistem pelaporan yang disampaikan oleh perangkat daerah, untuk itu aplikasi santer ini dibuat sebagai bentuk efisiensi waktu anggaran dan kemudahan dalam berkoordinasi setiap OPD khususnya untuk Kabupaten Banyuasin”, ungkapnya.

22

Artikel ini bersumber dari banyuasinkab.go.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News