Cara Daftar Kartu Prakerja Praktis dan Lengkap Beserta Manfaatnya

IntipSeleb Gaya Hidup – Kartu Prakerja adalah salah satu program yang digagas oleh Pemerintah Indonesia untuk sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi yang sempat hancur akibat pandemi.

Program ini dipastikan untuk berlanjut terus hingga tahun 2024 nanti. Warga yang berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif dan kesempatan untuk mendaftar pelatihan menggunakan saldo yang tersedia.

Untuk dapat lolos program yang satu ini, maka Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara daftar Kartu Prakerja? Berikut ini langkah-langkahnya.

Mengenal Kartu Prakerja

1. Apa Itu Kartu Prakerja?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara daftar Kartu Prakerja, ada baiknya untuk lebih memahami terlebih dahulu mengenai apa itu Kartu Prakerja.

Melansir dari laman prakerja.go.id, Kartu Prakerja adalah sebuah pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kemampuan.

Program ini juga merupakan bantuan biaya pelatihan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia bagi warga yang ingin memiliki keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah ia miliki.

Kartu Prakerja didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi penggunanya sekaligus dapat memberikan nilai pada sektor swasta.

Program ini digagas dengan jalan digital melalui pasar agar memudahkan pengguna dalam mencari, membandingkan, memilih, dan juga memberikan evaluasi. Hanya dengan cara ini, Kartu Prakerja sebagai sebuah produk bisa terus diperbaiki dan relevan.

Kartu Prakerja juga merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah dan pihak swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang maju.

2. Sasaran Kartu Prakerja

Program yang satu ini digagas untuk menyasar seluruh warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal apapun.

Intinya, mereka yang telah berusia mulai dari 18 tahun dan sedang tidak sekolah atau kuliah boleh mendaftar untuk ikut program Kartu Prakerja.

Begitu juga warga Indonesia yang sedang mencari pekerjaan, sedang menjadi buruh, karyawan, maupun pegawai boleh mendaftarkan diri pada Kartu Prakerja.

Meski begitu, prioritas dari program ini adalah para pencari kerja yang masih di usia muda karena hal itu akan membawa mereka kepada masa depan yang lebih gemilang.

Namun, ada beberapa golongan yang tidak berhak mendapatkan Kartu Prakerja, di antaranya adalah:

– Kantor Negara

– Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

– Aparatur Sipil Negara

– Prajurit Tentara Nasional Indonesia

– Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

– Kepala Desa dan Perangkat Desa

– Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

1. Syarat Daftar Kartu Prakerja

Ayojakarta.com

Foto : Ayojakarta.com

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin mendaftarkan diri pada program Kartu Prakerja. Syarat tersebut di antaranya adalah:

– Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 18-64 tahun.

– Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

– Merupakan seorang pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), ataupun pekerja/buruh yang merasa butuh akan peningkatan kompetensi kerja. Contohnya seperti buruh yang dirumahkan, termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

– Bukan termasuk golongan yang tidak berhak mendapatkan Kartu Prakerja seperti yang sudah disebutkan di atas.

– Bukan merupakan penerima bantuan sosial lainnya selama pancemi COVID-19.

– Maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga yang dapat menjadi penerima bantuan Kartu Prakerja.

2. Insentif yang Didapatkan

Untuk peserta yang lolos tahap seleksi Prakerja, maka harus memastikan untuk mengikuti pelatihan secara rutin agar keanggotaannya tidak dicabut dan agar terus mendapatkan dana insentif setiap bulannya.

Insetntif yang akan didapatkan adalah berupa pembiayaan pelatihan yang bisa dipakai di platform digital sebesar Rp1 juta.

Kemudian ada pula insentif sebesar Rp600.000 yang akan diberikan setiap bulannya selama 4 bulan ke depan. Tak hanya itu, ada pula insentif berupa survei tenaga kebekerjaan dengan jumlah Rp150.000.

3. Cara Daftar Kartu Prakerja

pintek.id

Foto : pintek.id

Setelah mengetahui tentang apa itu Kartu Prakerja hingga syarat apa saja yang harus dipenuhi, berikut ini tahapan cara daftar Kartu Prakerja:

– Langkah pertama adalah buka browser dan akses situs resmi Kartu Prakerja di alamat https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

– Setelah berhasil masuk ke halaman utama situs Kartu Prakerja, klik pada menu “Daftar Sekarang”. Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan registrasi e-mail dan juga menentukan password.

– Setelah itu silahkan cek kotak masuk email yang Anda daftarkan di situs Kartu Prakerja. Kemudian lakukan verifikasi akun lewat email tersebut.

– Jika sudah melakukan verifikasi lewat email, masuklah kembali ke situs resmi Prakerja menggunakan akun baru yang telah terverifikasi tadi.

– Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk, nomor Kartu Keluarga, dan Verifikasi nomor HP.

– Selanjutnya Anda juga akan diminta untuk melakukan verifikasi foto KTP. Lakukan verifikasi tersebut dengan menggunakan peramban yang ada di HP.

– Setelahnya Anda akan mendapatkan pertanyaan yang ditujukan kepada peserta yang baru mendaftar. Jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur.

– Jika sudah, akan ada tes motivasi dan juga tes kemampuan dasar untuk para peserta yang baru mendaftar. Selesaikan tes tersebut dengan baik dan sungguh-sungguh.

– Apabila telah berhasil menyelesaikan tes motivasi dan kemampuan dasar, maka Anda hanya perlu menunggu kabar kelolosan. Nantinya akan diberikan noifikasi lewat SMS dan email yang masuk ke nomor HP dan email yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

– Jika setelah waktu penutupan gelombang dan Anda masih belum menerima notifikasi berupa SMS atau email, maka kemungkinan besar Anda tidak lolos gelombang tersebut.

Manfaat Daftar Kartu Prakerja

Nah, usai mengetahui seperti apa langkah dan cara daftar Kartu Prakerja, berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan jika lolos sebagai penerima Kartu Prakerja, di antaranya:

1. Mendapatkan Insentif Bulanan

Insentif bulanan yang didapatkan totalnya adalah Rp3.550.000. Sebesar 2.400.000 dari jumlah tersebut akan dikirimkan sebanyak Rp600.000 selama 4 bulan. Kemudian jika mengisi survey sebanyak 3 kali, maka akan mendapat bonus sebesar Rp150.000 untuk ketiga survey tersebut.

Sisa 1 juta lagi tidak dapat diuangkan dan hanya dapat dipakai untuk membeli pelatihan pada platform yang telah bekerjasama dengan pemerintah.

2. Meningkatkan Keterampilan

Mereka yang lolos menjadi penerima Kartu Prakerja akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Ada banyak jenis keterampilan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat masing-masing peserta.

3. Menjadi Pelengkap Pendidikan Formal

Dengan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja, Anda dapat melengkapi pendidikan formal dengan berbagai kemampuan yang tidak diajarkan saat di sekolah atau di bangku kuliah.

4. Meningkatkan Nilai Tambah Penerima Program

Setelah menyelesaikan pelatihan yang dipilih, Anda akan memiliki kemampuan baru yang dapat membuat nilai Anda sebagai baru lulus atau pencari kerja akan meningkat. (jra)

Artikel ini bersumber dari www.intipseleb.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News