Cara Kerja Otak Penting untuk Diketahui, Ini Penjelasannya

ilustrasi otak. spokesman-recorder.com

Merdeka.com – Otak manusia merupakan organ yang sangat kompleks. Di mana, sembilan puluh persen aktivitasnya terjadi di alam bawah sadar. Itu artinya, walaupun kita kerap berasumsi bahwa kita memiliki beberapa kontrol terhadap bagaimana kita berpikir, merasa dan berperilaku, sains modern justru menunjukkan bahwa cara kerja otak tidak sesederhana itu.

Salah satu konsep yang menarik dari cara kerja otak adalah konsep neuroplastisitas. Konsep ini menyoroti bahwa otak kita terus menerus dibentuk kembali sepanjang hidup oleh pengalaman maupun pikiran. Maka dengan demikian, fokus dari kesadaran yang menentukan jaringan otak mana yang diperkuat dan mana yang lemah atau hilang.

Itu berarti, pada saat kita terjebak dalam siklus khawatir atau sifat lekas marah, maka hal itu akan memperkuat jaringan di dalam otak yang berhubungan dengan fungsi tersebut. Semakin merasa khawatir maka akan semakin menjadi lebih mengkhawatirkan sesuatu.

Lebih jauh berikut ini informasi mengenai cara kerja otak yang penting diketahui, lengkap dengan penjelasannya telah dirangkum dari media.neliti.com dan berbagai sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Otak

Otak seakan-akan sesuatu hal yang asing bagi kita bahkan hampir tidak mengenal otak kita sendiri yang letaknya tepat di antara kedua telinga kita. Memaksimalkan cara kerja otak agar dapat mencapai hasil yang maksimal rasanya masih sangat jauh dari pemikiran kita. Padahal jika memaksimalkan fungsi otak, maka kita dapat berpikir lebih terstruktur lagi.

Otak manusia memiliki kemampuan yang luar biasa terdiri dari triliunan sel otak dan setiap sel otak tampak seperti Gurita kecil yang begitu kompleks. Sel otak memiliki sebuah pusat dengan bayak cabang dan setiap cabangya memiliki banyak koneksi. Tiap-tiap sel otak tersebut jauh lebih kuat dan canggih ketimbang kebanyakan komputer di dunia ini.

Setiap sel tersebut berhubungan dengan ratusan ribu sampai puluhan ribu sel yang lain dan mereka saling bertukar informasi, dari triliunan sel otak tersebut sekitar sepersepuluhnya berisi neuron atau sel saraf aktif yang mampu membuat hingga dua puluh ribu koneksi yang berbeda dengan sel-sel lain.

012 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Gambar Gratis

Otak manusia memiliki empat bagian pada tiga tingkatan yang berbeda dari atas batang otak dan yang keempat terselip di bagian belakang. Otak manusia memiliki dua sisi yang setiap sisinya mengontrol fungsi yang berbeda dan memproses informasi dengan cara yang berbeda pula.

Cara kerja otak manusia biasanya berlangsung saat proses pembelajaran. Pada proses ini, otak menerima stimulus-stimulus yang akan diolah oleh otak. Jika dianggap penting, memori itu akan tersimpan dalam jangka waktu lama. Namun jika tidak penting, maka stimulus itu hanya akan menyisakan jejak memori yang lemah.

Proses belajar sendiri menciptakan stimulus-stimulus dan memperkuat jalannya informasi, serta data melalui neuron. Neuron-neuron tersebut kemudian meneruskan ke sinapsis yang merupakan celah penghubung tiap simpul neuron.

Menyeberangi celah ini bagaikan menyeberangi jurang yang dalam, tetapi saat proses menyeberang inilah terjadi proses belajar. Ketika menyeberang dari satu sel ke sel yang lain akan menuntut otak berupaya keras. Sehingga, mau tak mau celah itu harus diseberangi. Namun untuk proses selanjutnya, yaitu menyeberangi sinapsis ini akan lebih mudah. Hal ini sama dengan saat kamu belajar sesuatu yang baru kerap membuat kamu kesulitan.

3 dari 3 halaman

Aktivitas untuk Meningkatkan Cara Kerja Otak

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja otak yang sebenarnya, maka setelahnya kamu perlu tahu aktivitas apa saja yang baik untuk meningkatkan cara kerja otak dan membuat diri menjadi lebih baik.

Berikut ini penjelasan mengenai aktivitas untuk meningkatkan cara kerja otak yaitu:

1. Membaca

Aktivitas untuk meningkatkan cara kerja otak yang pertama adalah membaca. Membaca tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan umum serta kosakata, tetapi juga dapat meningkatkan memori, pemikiran analitis, dan keterampilan menulis. Bacalah beberapa halaman sehari untuk mendapat pengetahuan baru.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa ketika orang tua membacakan cerita dengan lantang kepada anak-anak mereka, anak tersebut memiliki keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif yang cenderung lebih besar.

2. Menulis

Menulis tak hanya menjadi ajang melepaskan segala emosi agar pikiran jadi lebih sehat, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak terutama jika menulis dengan tangan. Menurut Psychology Today, menulis dengan tangan dapat meningkatkan aktivitas saraf dan meningkatkan pemikiran dan kontrol gerakan.

Membuat jurnal akan memperluas kosakata, menyediakan jalan keluar emosional, dan bahkan membantu meringankan depresi. Aktivitas ini juga membantu meningkatkan pemikiran kritis.

3. Bersosialisasi

Berikutnya, menurut sebuah studi dari University of Michigan menemukan bahwa berbicara dengan orang-orang dengan cara yang ramah memberikan dorongan jangka pendek fungsi eksekutif, yang meliputi memori kerja, pemantauan diri, dan kemampuan untuk menekan gangguan eksternal dan internal otak.

ilustrasi berpikir

breakingnewsandarticle.com

4. Meditasi

Sebuah studi dari Universitas Harvard menemukan bahwa orang yang melakukan meditasi memiliki peningkatan indera yang bertanggung jawab untuk memori kerja dan pengambilan keputusan. Teknik mindfulness seperti meditasi dapat dianggap sebagai bentuk latihan otak karena melibatkan pelatihan pikiran yang tenang.

5. Olahraga

Bukan hanya belajar meditasi , dengan olahraga kamu juga bisa tingkatkan cara kerja otak. Olahraga telah terbukti meningkatkan kejernihan mental, efisiensi dan fungsi kognitif. Kondisi ini mengarah pada peningkatan pembelajaran, penilaian, wawasan, dan memori. Studi bahkan menunjukkan olahraga berkorelasi dengan skor IQ yang lebih tinggi.

Kamu bisa konsisten melakukan olahraga setiap hari, tak perlu memilih olahraga yang berat. Cukup pilih yang ringan seperti lari, bersepeda, yoga, dan lainnya. Olahraga diyakini memodulasi mekanisme metabolisme yang mendukung fungsi otak.

[nof]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News