JAKARTA, KOMPAS.com – Bak cuci piring stainless steel dirancang untuk tahan lama, tetapi seiring dengan waktu, bak cuci piring akan mengalami kekusaman atau bahkan goresan.

Namun, Anda dapat memulihkan bak cuci piring stainless steel yang tergores dan kusam sehingga memiliki hasil akhir yang mengkilap nan mulus seperti baru.

Jika Anda ragu untuk menggosok bak cuci piring stainless steel karena Anda menyadarinya mudah tergores, ada trik sederhana yang dapat dilakukan.

Cara Membersihkan Kerak Putih di Bak Cuci Piring Stainless Steel

Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.

Dilansir Mencangkung, Kamis (18/8/2022), untuk membersihkan bak cuci piring stainless steel, usahakan untuk menggosok wastafel ke arah yang sama agar tidak menambah goresan di permukaannya.

Berikut cara membersihkan bak cuci piring stainless steel yang kusam dan tergores agar tampak seperti baru lagi.

1. Jadilahrsihkan permukaan bak cuci piring stainless steel

Langkah pertama menuju pemulihan bak cuci piring stainless steel melibatkan pembersihan stainless steel. Bilas bak cuci piring untuk menghilangkan sisa-sisa abrasif, lalu mulailah membersihkan dengan sabun cuci piring dan kain katun basah.

Meskipun kapasnya cukup lembut untuk tidak menggores stainless steel, lanjutkan dan kerjakan dalam pola horizontal untuk membiasakan diri dengan metode ini.

4 Cara Mengatasi Saluran Bak Cuci Piring Tersumbat

Setelah Anda menggosokkan sabun ke seluruh permukaan, bilaslah. Gunakan tangan kosong untuk merasakan noda berminyak yang tertinggal di bak cuci piring dan ulangi proses pembersihan jika diperlukan.

Jika bak cuci piring cukup kotor, gunakan bantalan gosok alih-alih kain katun. Bantalan penggosok pasti akan menggores baja tahan karat, jadi perhatikan arah setiap sapuan penggosok.

Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.Shutterstock/Pop Paul-Catalin Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.

2. Menghaluskan atau memperbaiki goresan

Selanjutnya, gunakan sabut wol baja tingkat halus untuk menghaluskan goresan yang ada dan untuk menciptakan tampilan yang lebih halus pada baja tahan karat. Menurut Enduring Charm, bantalan wol baja kelas 000 adalah titik awal yang bagus.

Tujuan Anda adalah dengan sengaja menggores permukaan bak cuci piring stainless steel dengan sapuan metodis yang panjang untuk menghilangkan goresan aneh yang akan menarik perhatian.

Cara Membersihkan Bak Cuci Piring Pakai Bahan Alami Ini

Wol baja juga dapat membantu Anda menggosok area yang membandel di bak cuci piring, seperti cipratan cat.

Anda dapat mulai menggunakan sapuan kecil dan kuat untuk mengangkat puing-puing, lalu menghaluskannya dengan sapuan panjang hanya dalam satu arah.

3. Tiang bak cuci piring stainless steel

Jika Anda menyukai tampilan bak cuci piring pada tahap ini, Anda dapat menghentikan proses restorasi. Namun, jika Anda ingin bak cuci piring stainless steel kusam Anda benar-benar bersinar, inilah saatnya untuk membersihkan menggunakan semir logam.

Karena cat logam dapat memiliki bau yang kuat, penting untuk membuka jendela untuk mendorong ventilasi yang memadai dan mengalirkan udara segar. Lindungi meja dapur dengan mengoleskan selotip di sekitar tepinya dan kenakan sarung tangan karet saat mengoleskan cat.

Cara Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Bukan ke Bak Cuci Piring

Mulailah dengan wastafel yang benar-benar kering dan semprotkan cat logam langsung ke wol baja. Ikuti petunjuk pabrik tentang berapa lama cat harus menempel pada baja tahan karat.

Kemudian bersihkan sebanyak mungkin dengan tisu dapur. Ulangi aplikasi semir logam jika diinginkan untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih halus.

Setelah membersihkan produk pemoles sebanyak mungkin, bilas bak cuci piring sekali lagi.

Dapatkan update berita unggulan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari www.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News