Setelah mengetahui cara membuat clay, penting juga mengetahui manfaat bermain clay untuk anak. Berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan keterampilan koordinasi tangan-mata

Mengutip dari parentcircle.com, koordinasi tangan-mata merupakan proses neurologis di mana input visual yang diberikan oleh mata dapat digunakan untuk memandu tangan dalam melakukan suatu tugas. Misalnya, menangkap bola, menulis, menuangkan air ke dalam gelas, juga kegiatan semacamnya. Semua itu membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan. Selain itu, memiliki koordinasi mata dan tangan secara baik dapat meningkatkan kelincahan, atletis serta tulisan tangan. Menggunakan clay selama waktu bermain juga akan membantu dalam melatih otot-otot di tangan dan lengannya.

2. Mengembangkan keterampilan motorik halus

Keterampilan membuat clay juga melibatkan pengembangan otot-otot di tangan dan jari. Meskipun mirip dengan keterampilan koordinasi tangan-mata, akan tetapi terdapat perbedaan karena keterampilan motorik halus tidak memerlukan keterlibatan mata kita. Misalnya, mengetik bisa menjadi keterampilan motorik halus, tanpa menjadi keterampilan koordinasi tangan-mata ketika dipraktikkan oleh juru ketik yang terampil. Namun dengan mempelajari cara menggunakannya, maka  jari-jarinya secara akurat untuk mendapatkan bentuk yang tepat dari clay, dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halusnya.

3.Mendorong trial and error

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, terutama dalam proses mempelajari sesuatu yang baru. Namun kadang kesalahan seperti ini juga bisa membuat seseorang merasa putus asa. Tetapi, ketika harus bermain dengan segumpal clay, anak Anda dapat dengan mudah memperbaiki kesalahannya.

Lebih mudah bagi anak untuk belajar serta mencoba hal-hal baru ketika dia tahu bahwa kesalahan saat bermain clay dapat diperbaiki. Karena anak akan mulai terbiasa melakukan kesalahan saat bermain dengan clay, dan kemungkinan besar ia akan belajar lebih baik ke depannya. Sebuah makalah penelitian juga menemukan bahwa seseorang cenderung belajar lebih baik ketika mereka membuat kesalahan dibandingkan ketika mereka tidak melakukannya.

Artikel ini bersumber dari hot.liputan6.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News