Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsos

Kalau kamu mengunjungi profil media sosial bisnis toko daring atau influencer, pasti gak jarang menemui Linktree di bionya. Begitu juga ketika mendaftar kegiatan secara daring. Panitia kegiatan tersebut pun menyematkan Linktree di media sosialnya.

Layanan digital ini membuatmu menyatukan banyak tautan dalam satu tautan. Gak cuma itu, masih ada beberapa fitur unggulan lainnya. Simak ulasan berikut untuk tahu fungsi menarik dan bagaimana membuat Pohon penghubung.

Apa itu Linktree?

Media sosial memberikan wadah untuk mempromosikan tautan. Di Instagram, misalnya, kamu bisa menaruh tautan di bagian bio. Sayangnya, kebanyakan dari media sosial ini hanya memberikan slot untuk satu tautan saja.

Nah, Linktree merupakan fasilitas digital yang tersedia untuk menggabungkan banyak tautan tersebut. Kamu pun bisa mempersonifikasi kumpulan tautan sesuai keinginan.

Misalnya, kamu memiliki berbagai bisnis. Ada makanan, minuman, baju, dan sebagainya. Nah, agar bisa masuk ke bio media sosial, Linktree membantumu menyatukan semuanya menjadi ‘Dagangan’. Ketika diklik, barulah muncul pilihan dagangan yang ingin dikunjungi.

Linktree berjalan dengan mengarahan halaman ke situs untuk menampilkan beberapa tautan sekaligus. Ketika mengekliknya, pengguna akan diarahkan ke situs tujuan, melansir Metode Pemasaran.

Cara membuat Linktree

Bagi pemilik bisnis dengan sub yang beragam, Linktree dapat meringkas banyak hal. Dengan begitu, kamu bisa membubuhkan tautan tersebut di bio Instagram, TikTok, dan Twitter.

Cara membuat Linktree pun mudah. Tinggal akses situs web-nya, lalu Gabungdan sesuaikan bentuk tautan sesuai kebutuhan. Tahapan lengkap plus gambar ada di bawah ini, ya!

1. Buka halaman Linktree

ilustrasi halaman awal linktree (IDN Times/Laili Zain)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka laman resmi Linktree. Alamatnya ada di Salin tautan tersebut di boks pencarian browser.

Setelah menunggu beberapa waktu, akan muncul tampilan halaman beranda Linktree. Termasuk opsi pro yang berada di tengah halaman. Untuk menggunakan fitur dasar,  kamu gak perlu berlangganan, kok.

2. Membuat akun gratis

Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsosilustrasi membuat akun linktree (IDN Times/Laili Zain)

Bukan masalah jika kamu langsung ingin berlangganan untuk menggunakan fitur pro dari Linktree. Namun, kalau bujet terbatas, bisa pakai akun gratis saja. Fitur dasarnya gak beda jauh, kok.

Setelah masuk ke laman resminya, kamu akan diarahkan ke jendela autoritas dan diminta mengisi data diri. Masukkan nama belakang dan alamat surel aktif atau nomor ponsel yang bisa dihubungi. Lalu, klik ‘Buat Akun‘.

Baca Juga: 7 Website Terbaik untuk Download Foto dan Video Instagram

3. Buat kata sandi

Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsosilustrasi membuat password untuk akun baru linktree (IDN Times/Laili Zain)

Tahapan selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan kombinasi huruf dan angka sebagai kata sandi. Pastikan menggunakan sandi yang sulit ditebak, ya. Linktree sendiri secara otomatis memberikan saran sandi yang bisa dipakai.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

pilihan Editor

Namun, kalau kamu punya alternatif sendiri, tetap boleh memakai punyamu, kok. Bentuknya, bisa kombinasikan huruf kapital atau simbol asal mudah diingat.

4. Personifikasi akun

Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsosilustrasi personifikasi akun linktree (IDN Times/Laili Zain)

Linktree ingin mengetahui tujuanmu menggunakan layanannya. Untuk itu, kamu perlu mengisikan namamu di kolom paling atas. Lalu, pilih kategori yang menunjukkan identitasmu. Pada contoh, misalnya, memilih opsi ‘Creative’.

Selanjutnya, pilih kategori kreatif sebagai peran secara spesifik jika memungkinkan. Namun, bisa dilewati alias bersifat opsional. Klik ‘Continue’ untuk masuk ke tahap berikutnya.

5. Pilih rencana pembayaran

Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsosilustrasi plan pembayaran linktree (IDN Times/Laili Zain)

Linktree memiliki berbagai fasilitas yang bisa pengguna nikmati. Namun, gak seluruh fiturnya bisa diakses gratis. Maka dari itu, kamu perlu memilih rencana pembayaran jika tertarik menikmati fitur yang tersedia di level starterpro, atau premium.

Namun, pada tutorial ini, IDN Times akan menggunakan versi gratis. Meski gratis, versi Linktree yang ini masih bisa digunakan untuk tak terbatas tautan hingga mengumpulkan pembayaran. Jadi, masih oke banget.

6. Masukkan tautan yang dipajang

Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsosilustrasi menambahkan link baru (IDN Times/Laili Zain)

Karena Linktree nantinya menampilkan banyak tautan sekaligus, maka kamu perlu memasukkan tautan-nya satu persatu, lengkap dengan keterangannya. Klik ‘Add New Link’ yang berwarna ungu di bagian kiri sebagaimana pada gambar.

Lalu, pada boks di bawahnya, berikan keterangan yang ditampilkan pada bagian atas. Selanjutnya, masukkan tautan di bagian bawah. Nah, pengaturanmu di sebelah kiri akan ditampilkan sebagaimana dalam ponsel contoh di bagian kanan.

7. Ubah gambar jika perlu

Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsosilustrasi menyesuaikan latar belakang linktree (IDN Times/Laili Zain)

Meski menggunakan versi gratis, kamu masih bisa mengatur deskripsi profil juga, lho! Caranya, di bagian atas buka opsi ‘Appearance’ tepat di samping link. Untuk mengubah gambar, klik ‘Pick an Image’. Kamu bisa mengambil gambar dari folder pribadi, Canva, ataupun NFT.

Selanjutnya, kamu bisa mengatur judul profil alias nama bisnismu atau organisasi yang ingin kamu tampilkan. Lalu, buat deskripsi singkat sebagai bio di bagian bawahnya. Sebagai contoh, jadinya sebagaimana ilustrasi di bagian kanan.

8. Simpan dan bagikan

Cara Membuat Linktree Gratis untuk Dibagikan di Medsosilustrasi menyimpan dan membagikan tautan (IDN Times/Laili Zain)

Pengaturan Linktree secara dasar sudah selesai. Jika memang pasti sudah gak ingin menambahkan tautan lagi, kamu bisa segera menyimpan dan membagikan kumpulan Linktree-nya.

Caranya, buka kembali menu ‘Links’ di bagian kiri atas. Lalu, bergeser ke kanan dan kamu akan menemukan My Linktree. Salin tautan tersebut atau klik ‘Share’ untuk membagikannya ke media sosial.

Cara membuat Linktree cukup mudah, kan? Tahapan di atas merupakan tutorial lengkap versi gratis. Kalau kamu ingin versi pro, maka lakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan fitur Linktree secara lengkap.

Baca Juga: 6 Cara Download Sound TikTok Tanpa Aplikasi Tambahan


Artikel ini bersumber dari www.idntimes.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News