Cara Menghilangkan Bau Urine Kucing pada Sofa Kain Halaman all

JAKARTA, KOMPAS.com – Urine kucing tidak hanya menimbulkan bau tak sedap di seluruh ruangan, tapi sulit dibersihkan bila menempel pada permukaan seperti sofa kain.

Untuk itu, penting menghilangkan bau urine kucing segera dari sofa agar tidak melekat terlalu lama sehingga sulit membersihkannya.

Dilansir dari CNET, Jumat (5/8/2022), berikut tips menghilangkan bau urine kucing dari sofa kain.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Urine Kucing pada Pakaian

Buka penutup sofa dan lepaskan bantal

Shutterstock/Antoha713 Ilustrasi sofa

Mulailah dengan melepas semua sarung sofa dan bantal sofa, lalu masukkan ke mesin cuci untuk dibersihkan.

Perlu diperhatikan bahwa noda urin kucing dapat dengan cepat meresap ke dalam sofa sehingga penting untuk segera membersihkannya.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Urine dan Kotoran Hewan Peliharaan Pakai Cuka

Gunakan pembersih enzimatik

Saat membersihkan bau urine kucing dari sofa, gunakan pembersih enzimatik daripada pembersih berbahan amonia.

Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), hindari membersihkan bekas urine kucing dari sofa dengan pembersih berbasis amonia karena urine secara alami mengandung amonia. Bau ini dapat menarik kucing untuk buang air kecil di tempat yang sama kembali pada lain waktu.

Ikuti petunjuk pada kemasan pembersih enzimatik dan rekomendasi produsen sofa Anda untuk membersihkan pelapis sofa.

Baca juga: 4 Tips Menghilangkan Bau Urine Kucing di Perabot Rumah

Bersihkan noda dengan solusi DIY

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modularShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular

Debra Johnson, ahli kebersihan di Merry Maids, mengatakan untuk noda urine kucing yang masih segar, dapat dibersihkan menggunakan campuran sabun pencuci piring, cuka, dan air.

Cukup campurkan satu sendok makan sabun pencuci piring cair dengan 27 mililiter air dingin dalam mangkuk kecil, tambahkan satu sendok makan cuka, dan aduk secara perlahan sampai tercampur rata.

Mulailah membersihkan noda urine kucing dengan kain mikrofiber. Lakukan ini beberapa kali untuk menghilangkan kelebihan urine yang masih menempel pada sofa. Kuncinya, seka noda dengan lembut sehingga tidak melebar dan semakin besar.

Selanjutnya, ambil kain mikrofiber baru dan celupkan ke larutan. Mulailah membersihkan noda dengan lembut, dari luar ke dalam. Ulangi sebanyak yang Anda perlukan sampai yakin noda telah hilang.

Setelah itu, ambil kain basah untuk membantu membilas sisa larutan pembersih. Terakhir, gunakan kain mikrofiber segar untuk mengeringkan area tersebut.

Baca juga: Langkah Membersihkan Urine Kucing pada Karpet dan Keset

Mencegah kucing kencing pada sofa

Ilustrasi kucing hitam.Shutterstock/Elya Vatel Ilustrasi kucing hitam.

Kucing yang kencing pada sofa bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres. Jika Anda memiliki banyak kucing, periksa kembali jumlah kotak pasir kucing sehingga mereka tidak menggunakannya masing-masing dengan nyaman.

Semakin banyak kucing yang Anda miliki, semakin banyak kotak pasir yang harus dipunya.

Namun, bila kucing peliharaan terus membuang air kecil di sofa, ini bisa menunjukkan bahwa sahabat bulu ingin menandai wilayahnya.

Baca juga: 4 Tips Menghilangkan Noda dan Bau Urine Hewan Peliharaan dari Karpet

Jika belum mensterilkan kucing peliharaan, lakukan sesegera. Steril tidak hanya membantu mengendalikan populasi hewan peliharaan, tetapi juga menghilangkan kebiasaan kucing  menandai wilayahnya atau kencing sembarangan.

Apabila masalah terus berlanjut, diskusikan masalah tersebut dengan dokter hewan.

Menurut ASPCA, ada kemungkinan kucing melakukan itu karena memiliki kecemasan dan obat-obatan dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut sehingga kucing peliharaan kembali merasa lebih baik.

Dapatkan update berita unggulan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari www.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News