Cara Mengobati Batuk Berdahak di Rumah, Bisa dengan Madu dan Uap Panas

ilustrasi batuk. ©www.safebee.com

Merdeka.com – Dahak adalah lendir yang diproduksi oleh paru-paru dan tenggorokan untuk melembapkan dan melindungi saluran pernapasan dari benda asing atau infeksi. Ya, dahak memang selalu ada dalam tubuh kita namun dalam jumlah yang sedikit.

Lendir bersifat lengket agar dapat menjebak debu, alergen, dan virus. Ketika Anda dalam kondisi yang sehat, lendir ini tipis dan tidak terlalu terlihat. Tapi saat Anda sakit atau terkena terlalu banyak partikel, dahak bisa menjadi kental dan jadi lebih terasa karena menjebak zat asing ini.

Selaput lendir membuat dahak untuk melindungi dan mendukung sistem pernapasan Anda. Membran ini melapisi mulut, hidung, tenggorokan, sinus, dan paru-paru. Tapi, dahak yang terlalu banyak akan sulit dikeluarkan dan bisa menyumbat saluran pernapasan.

Dahak yang berlebih ini biasanya akan muncul bersama saat Anda batuk, atau juga sering disebut batuk berdahak. Batuk berdahak ini akan terasa mengganggu sehingga perlu cara untuk mengobatinya. Penyebab munculnya biasanya karena infeksi saluran pernapasan atau iritasi karena adanya partikel asing yang masuk.

Dahak adalah bagian dari sistem pernapasan kita, namun juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman ketika jumlahnya terlalu banyak. Oleh karena itu, beberapa cara mengobati batuk berdahak yang bisa Anda coba di rumah.

2 dari 4 halaman

Melembabkan Udara

pelembab

Google©2020 Merdeka.com

Cara mengobati batuk berdahak yang pertama adalah dengan melembapkan udara. Dikutip dari healthline.com, melembapkan udara di sekitar Anda dapat membantu mengencerkan lendir. Anda mungkin pernah mendengar bahwa uap dapat membersihkan dahak dan hidung tersumbat, tetapi tidak banyak dukungan ilmiah untuk gagasan ini.

Alih-alih uap, Anda bisa menggunakan humidifier kabut dingin. Anda dapat menjalankan humidifier ini dengan aman sepanjang hari. Namun, pastikan bahwa Anda mengganti airnya setiap hari dan membersihkan pelembab udara sesuai dengan instruksi.

Menjaga Hidrasi Tubuh

Cara mengobati batuk berdahak yang kedua yaitu dengan menjaga hidrasi tubuh. Minum cukup cairan, terutama yang hangat dapat membantu aliran lendir. Air dapat meringankan penyumbatan dengan membantu lendir bergerak. Cobalah menyesap cairan, seperti jus, kaldu bening, dan sup. Pilihan cairan lain yang baik termasuk teh tanpa kafein, jus buah hangat, dan air lemon.

Selain minuman, tubuh Anda juga seharusnya tetap hangat karena ini akan membantu menenangkan sistem pernapasan Anda. Itu karena tubuh lebih mampu melawan kondisi yang menyebabkan kelebihan lendir saat Anda berada pada suhu yang lebih hangat.

Untuk tetap hangat, Anda bisa mencoba cara berikut:

  • mandi air hangat
  • mengenakan pakaian yang lebih hangat untuk menangkis suhu dingin
  • mengenakan selimut

3 dari 4 halaman

Mengonsumsi Bahan yang Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Cara mengobati batuk berdahak yang ketiga yakni dengan mengonsumsi bahan yang dapat meningkatkan kesehatan pernapasan. Coba konsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemon, jahe, dan bawang putih. Sebuah survei tahun 2018 menemukan bahwa bahan ini dapat membantu mengobati pilek, batuk, dan lendir berlebih, meskipun tidak banyak penelitian yang mendukungnya.

Makanan pedas yang mengandung capsaicin, seperti cabai rawit atau cabai, juga dapat membantu membersihkan sinus untuk sementara dan membuat lendir bergerak.

Selain itu, sup ayam juga dinilai baik untuk mengobati pilek dan menghilangkan lendir berlebih. Ini karena sup ayam memperlambat pergerakan neutrofil di tubuh Anda. Saat bergerak perlahan, mereka tinggal di area tubuh Anda di tempat yang terkena infeksi lebih lama.

Konsumsi Madu

011 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Cara mengobati batuk berdahak yang keempat bisa dengan minum madu. Mengonsumsi madu adalah salah satu cara untuk menghilangkan batuk berdahak yang efektif. Selain mengonsumsi banyak air putih, Anda juga bisa mengonsumsi madu, karena bahan alami ini juga sering dijadikan sebagai obat untuk batuk berdahak.

Mengutip dari liputan6.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Uji klinis kecil juga menemukan bahwa makan 1,5 sendok teh madu yang dikonsumsi 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan meningkatkan kualitas tidur yang nyenyak pada anak-anak.

4 dari 4 halaman

Teh Jahe

Cara mengobati batuk berdahak yang kelima adalah dengan teh jahe. Jahe adalah rempah yang dilengkapi dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Jadi, dengan beberapa cangkir teh jahe per hari dapat membantu Anda meredakan peradangan di tenggorokan sekaligus membuat tubuh tetap terhidrasi.

Penuhi Asupan Vitamin C

Saat Anda mengalami batuk berdahak, jangan lupa juga untuk mencukupi asupan vitamin C Anda. Vitamin C ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi virus lebih cepat. Anda bisa mendapatkannya dari mengonsumsi jeruk atau buah-buahan lainnya dua kali sehari sampai gejala membaik.

Hirup Uap Air Panas

Selain mandi air hangat, Anda juga bisa menghangatkan diri dengan menghirup uap dari mangkuk yang telah diisi air panas.

Cara mengobati batuk berdahak ini dilakukan dengan memposisikan wajah di atas mangkuk sambil menutupi kepala dengan handuk. Lalu, hirup uap panas yang muncul selama beberapa menit. Jika uap tersebut terasa terlalu panas pada wajah, segera hentikan.

Tinggikan Kepala Ketika Tidur

Jika lendir di tenggorokan begitu banyak sampai menyebabkan gangguan tidur, Anda bisa coba tidur dengan meninggikan kepala menggunakan beberapa bantal. Cara ini dianggap dapat membantu mengeluarkan dahak dan mencegah munculnya refleks batuk, sehingga tidur malam Anda tidak akan terganggu.

[ank]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News