Cara Merawat Bunga Desember agar Tumbuh Subur

JAKARTA, KOMPAS.com – Bunga Desember (Scadoxus multiflorus), yang juga disebut darah lily, adalah bunga yang memiliki tampilan cukup unik.

Kepala bunga Desember berbentuk bulat seperti percikan kembang api berwarna merah dan sekilas mirip seperti buah rambutan.

Baca juga: 6 Fakta Tentang Si Cantik Bunga Desember

Tampilan ini disebabkan kuntum merah berbentuk bintang yang memiliki benang sari berujung kuning.

Bunga Desember adalah tanaman yang sangat disukai lebah dan kupu-kupu serta sering kali mekar pada Desember. Inilah yang membuatnya disebut sebagai bunga Desember.

Bunga Desember tergolong mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak perhatian. Tanaman bunga ini bisa ditanam di tanah langsung dan pot. Namun, pastikan tanah memiliki drainase baik.

Apabila ingin menghadirkannya di halaman rumah, berikut cara merawat bunga Desember dilansir pohon cemara, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: 6 Fakta Unik Bunga Sakura yang Tidak Dapat Mekar Lama

Perhatikan pencahayaan yang tepat

PIXABAY / Mojojojo_ Ilustrasi bunga Desember.

Bunga Desember lebih menyukai paparan cahaya terang yang tidak langsung atau parsial karena tidak bisa menangani sinar matahari intens dengan baik.

Jadi, pastikan meletakkan bunga Desember di lokasi tepat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Gunakan tanah yang dikeringkan dengan baik

Untuk tanah sendiri, tanah jenis lempung (tanah liat) atau berpasir yang kaya akan nutrisi sangatlah ideal bagi bunga Desember karena menawarkan drainase yang baik. Ini sangat penting lantaran bunga Desember bisa tidak tumbuh dengan baik saat tanah basah.

Artikel ini bersumber dari www.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News