Kulonprogo, Tidak online

Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Panjaran, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengunjungi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif NU Garongan pada Kamis (11/8/2022).

Melalui program kerja hasil kolaborasi antara Departemen Jaringan Sekolah dengan DKAC Panjatan kunjungan tersebut diisi dengan Pengenalan DKAC dan Outbond dalam rangka Memperingati Hari Pramuka.

“Sasaran kegiatan ini adalah siswa-siswi MI Ma’arif Garongan kelas 1 sampai kelas 6 dengan total siswa sebanyak 99 anak,” kata Koordinator Departemen Jaringan Sekolah PAC IPPNU Panjaran, Fitri Utami.

Selain mengisi peringatan Hari Pramuka tujuan dari kegiatan ini, lanjut dia, yaitu untuk menyambung tali silaturahmi antara PAC IPNU-IPPNU Panjatan dengan pihak MI Ma’arif Garongan, memperkenalkan IPNU-IPPNU terutama DKAC Panjatan kepada siswa-siswi.

“Kegiatan ini dimanfaatkan sebagai ajang memperkenalkan IPNU-IPNU kepada siswa-siswi sekaligus memperkenalkan DKAC Panjatan dengan perantara pelaksanaan outbond. Selain itu ada pemberian materi tentang Kepramukaaan, mengingat bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka,” beber Fitri Utami.

Kegiatan dimulai dari pukul sembilan pagi dengan siswa kelas 1, 2, dan 3 langsung di lapangan untuk melakukan outbond. Sedangkan siswa kelas 4, 5, dan 6 dikumpulkan dalam satu ruang untuk diberikan materi tentang IPNU, IPPNU, Kepramukaan, dan materi CBP KPP.

“Setelah itu ada sesi pergantian tempat, kelas 1, 2, dan 3 dipindahkan ke dalam ruang kelas untuk melakukan pembagian hadiah dan kelas 4, 5, 6 pindah ke lapangan untuk melakukan outbond bersama DKAC Panjatan. Menjelang shalat Zuhur siswa kelas 1, 2, 3 sudah dipulangkan terlebih dahulu sedangkan siswa kelas 4, 5, 6 mengikuti Zuhur yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah,” imbuh Fitri Utami​​​​​​​.

Kepala MI Ma’arif Garongan, Pertiwi sangat mengapresiasi program kerja ini. Ia berharap kegiatan seperti ini sering dilakukan agar siswa-siswi MI Ma’arif Garongan memiliki suasana baru dalam belajar dan pastinya bisa lebih mengenal IPNU IPPNU di Kapanewon Panjatan.

“Apalagi bapak ibu guru MI Ma’arif Garongan sangat menantikan kerja sama dengan IPNU-IPPNU Panjatan dan kegiatan inilah menjadi jembatan untuk melakukan kegiatan berikutnya,” ujarnya.

Kontributor: Fitri Utama Nur ‘Azizah
​​​​​​​Editor: Kendi Setiawan

Artikel ini bersumber dari www.nu.or.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News