Suara.com – TikTok kembali mengumumkan program #MajuBarengTikTok yang kali ini juga menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif . Program ini ditujukan untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM di Indonesia.

Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf, Martini M Paham menuturkan, prioritas pemerintah saat ini adalah membawa 30 juta pelaku UMKM ke platform lokapasar pada tahun 2023 nanti.

“Di era digital, para pelaku UMKM diharapkan bukan hanya masuk ke platform digital, tapi juga bisa aktif memanfaatkan kekuatan yang ditawarkan platform digital,” kata Martini dalam konferensi pers virtual pada Jumat (12/8/2022).

Program tersebut berbentuk edukasi dengan durasi hampir setahun. DI sana, TikTok akan membantu UMKM untuk mengasah keterampilan digital dan pemanfaatan ekosistem TikTok.

Baca Juga:
Cerita Pelaku UMKM Fesyen Tingkatkan Omzet Hingga 49 Persen Berkat Platform Digital, Apa Rahasianya?

“Program #MajuBarengTikTok dirancang untuk membantu pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan sumber daya dari ekosistem TikTok untuk mengembangkan usaha mereka secara optimal, mulai dari TikTok LIVE, TikTok Shop, hingga TikTok For Business,” ujar ujar Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Pandu mengatakan, berdayanya UMKM juga dapat membantu Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat memasuki masa endemi. Program ini akan dibagi ke dalam berbagai periode serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia.

Topik yang akan dibagikan di program tahun ini meliputi tiga fokus, yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan di TikTok.

Pendaftaran program #MajuBarengTikTok resmi dibuka pada tanggal 12 Agustus 2022 dan dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis. Kelas pertama #MajuBarengTikTok akan dimulai pada bulan September 2022.

Selain program #MajuBarengTikTok, TikTok juga menyelenggarakan program TikTok Shop Seller Conference kedua pada Hari UMKM Nasional. Selain menyediakan materi dan penyuluhan terkait TikTok Shop untuk para seller, acara ini juga menyediakan kesempatan bagi seller, kreator, dan pengguna untuk bertemu dan berkolaborasi dalam bisnis mereka di TikTok Shop.

Baca Juga:
Ekonom: Kenaikan Tarif Ojol Dorong Harga UMKM Jadi Lebih Mahal

Kedua program ini menjadi bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 untuk membantu Indonesia pulih dan bangkit lebih cepat.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News