JAKARTA, KOMPAS.com – Lidah buaya atau Aloe vera sudah sejak lama menjadi tanaman hias pilihan pemilik rumah. Lidah buaya banyak ditemui di pekarangan rumah karena relatif mudah tumbuh dan memiliki banyak manfaat.

Namun demikian, ketika Anda memiliki tanaman ini, jangan lupa perhatikan kondisinya. Apakah daun lidah buaya kurus dan tipis, padahal seharusnya tebal?

Dilansir Web Taman BalkonJumat (19/8/2022), berikut beberapa penyebab daun lidah buaya tipis dan kurus serta cara mengatasinya.

Cara Menyelamatkan Tanaman Lidah Buaya yang Menguning

PEXELS/BT3GL Ilustrasi tanaman lidah buaya.

1. Terlalu banyak air

Orang-orang memiliki kesalahpahaman bahwa semakin banyak air yang disiramkan, semakin banyak tanaman akan mengambil dan menyimpan di daun, membuatnya terlihat tebal.

Bertentangan dengan kepercayaan populer ini, yang terjadi adalah kebalikannya, dan penyiraman yang berlebihan dapat merusak tanaman dan akhirnya membunuhnya.

Adapun pada kasus lidah buaya, semakin jarang Anda menyiram, semakin banyak tanaman ini akan mengarahkan daunnya untuk menyimpan air, dan akan menjadi berdaging dan penuh. Jika Anda menyiram secara teratur, dedaunan akan kurus, kecil, dan tipis.

Yang terbaik adalah menyiramnya secara menyeluruh setiap kali Anda melihat media tanamnya sudah kering.

Panduan Menanam dan Merawat Lidah Buaya di Rumah

2. Kekurangan sinar matahari

Lidah buaya, karena merupakan tanaman sukulen, paling baik menerima jumlah sinar matahari yang cukup. Jika Anda menyimpan tanaman di tempat yang teduh atau di lokasi yang mendapat cahaya tidak langsung selama satu jam atau lebih, daunnya akan kurus.

Pastikan tanaman mendapat sinar matahari langsung minimal tiga sampai empat jam setiap hari.

Artikel ini bersumber dari www.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News