customer.co.id Apple secara resmi mengumumkan peluncuran iPhone 14 akan dilaksanakan pada 7 September 2022 mendatang. Namun, sebuah postingan dari Weibo Duanrui mengungkap bocoran diduga desain yang akan diusung iPhone 14 .

Duanrui sendiri adalah seorang leaker atau pembocor terkemuka yang dikenal sering membagikan desain iPhone sebelum rilis.

Dilansir dari Forbes, series iPhone 14 selama berbulan-bulan telah diprediksi akan luncur dengan warna ungu.

Hal ini kemudian diperkuat ketika Duanrui membagikan sepotong video berdurasi 6 detik berisi sebuah ponsel yang diduga sebagai model (dummy) iPhone 14 .

Dalam potongan video, nampak warna ungu yang diusung memakai bahan berkilau. Warnanya diprediksi akan bergeser antara ungu tua dan ungu mudah tergantung pada sudut tertentu.

Apple diketahui telah bereksperimen dengan warna serupa pada Midnight iPhone 13 dan M2-based MacBook Air

Tidak hanya warna ungu, Duanrui juga membagikan opsi warna lain dalam bentuk potongan foto. Adapun warna yang diprediksi adalah biru tua, emas, grafit, dan perak.

Namun, bocoran warna itu ditanggapi beragam oleh pengguna internet. Beberapa dari mereka mengaku tidak percaya dengan video yang dibagikan Duanrui.

“Kalau iPhone 14 penampakannya seperti itu, maka Apple harus memecat kepala bagian desain mereka,” tulis akun @AverangeRhyme.

“Warna dan bahannya terlihat murah. Jelas bukan iPhone,” kata akun @ShahriarFahim_

“Mustahil Apple merilis warna sejelek itu,” komentar akun @RayAdi08.

Beberapa lainnya menyoroti tampilan kamera bocoran iPhone yang nampak palsu dan terlalu besar. Akun lain menjawab bahwa iPhone di video hanya model, sehingga mustahil untuk menginstal kamera sungguhan.

Terlepas dari bocoran model versi Duanrui, Ming Chi Kuo, seorang analis Apple memberikan sejumlah prediksinya. Prediksi ini melihat pada pengalaman Apple setiap kali meluncurkan produk baru.

1. Kamera yang lebih baik

Dilansir dari MacRumours, Ming Chi Kuo mengatakan iPhone 14 akan menghadirkan resolusi kamera yang lebih baik dan menawan. Ia memprediksi iPhone 14 pro kan hadir dengan kamera Ultra Wide 48 megapiksel dan kemampuan rekam video 8K.

Adapun prediksi ini mengalami peningkatan signifikan dibanding series iPhone 13 lalu yang mengusung kamera 12 megapiksel.

2. Harga Jual

Jika dilihat dari pengalaman sebelumnya, harga jual series iPhone terbaru tentu akan mengalami kenaikan.

Ming Chi Kuo memprediksi pada peluncurkan iPhone 14 kali ini, kenaikan akan ditaksir mencapai 15% dari series sebelumnya.

Dengan begitu, harga jual akan menjadi sekitar $1.000 – $1.050 atau sekitar Rp14.876.000 – Rp15.619.800.

Taksiran harga rupiah tersebut dihitung berdasarkan nilai tukar pada Selasa, 30 Agustus 2022, yakni Rp.14.876 per dolar.*** (Asri Turana Restaripani)

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News