Ini 4 Cara Mengatasi Motor Mati Mendadak yang Paling Umum

Suara.com – Berkendara dengan motor menjadi opsi yang diambil banyak orang, baik karena keadaan, atau karena pilihan dan hobi. Yang pasti, menjaga kondisi motor dalam keadaan prima harus jadi hal utama yang dilakukan. Anda juga wajib tahu cara mengatasi motor mati mendadak sebagai langkah darurat yang diperlukan.

Mungkin bagi sebagian orang, konsep motor mati mendadak masih sulit dipahami. Namun untuk penggemar dan pengguna motor hal ini menjadi salah satu risiko yang disadari, dan dipersiapkan penanganannya. Setidaknya hingga motor bisa dibawa ke bengkel untuk servis lebih lanjut.

Beberapa cara mengatasi motor mati mendadak antara lain adalah sebagai berikut.

Salah satu motor pengendera diperbaiki oleh bengkel karena menerjang banjir di Jalan Kaligawe Semarang.dalam sehari sekitar 60 motor kedapatan mogok lantaran nekat menerjang banjir (Suara.com/Dafi Yusuf).

1. Periksa Tangki Bahan Bakar

Baca Juga:
Geger Bayi 6 Bulan Meninggal usai Diajak Orang Tua Naik Motor untuk Nonton Bola, Pakar Safety Riding Bilang Begini

Cara pertama, dan paling mendasar, adalah memeriksa tangki bahan bakar sepeda motor Anda. Idealnya jika kondisi mesin baik, motor mati mendadak disebabkan oleh bahan bakar yang kosong, sehingga proses pembakaran tidak dapat berjalan.

Solusinya jelas, segera isi bahan bakar ke dalam tangki motor Anda.

2. Kedua, Periksa Kran Bensin

Jika tangki bahan bakar masih memiliki cukup minyak, selanjutnya Anda bisa cek kran bensin pada motor Anda. Kran ini berfungsi mengatur arus BBM ke bagian mesin, dan pada kondisi digunakan harus dalam keadaan terbuka.

Jika kran bensin tertutup, otomatis BBM tidak akan bisa mengalir ke bagian karburator.

Baca Juga:
Masuk Indonesia, Harga Honda ST125 Dax Mulai Rp 81 Juta

3. Apakah Mesin Sangat Panas?

Dalam dunia otomotif, terdapat istilah overheat. Istilah ini mengacu pada kondisi mesin yang terlalu panas karena sistem pendinginan tidak mampu menyeimbangkan suhu, dan memaksa mesin mati secara mendadak. Jika sistem ini tidak berjalan, mesin bisa terlalu panas dan efeknya lebih parah.

Jadi pastikan suhu mesin, jika memang terlalu panas dan motor mati mendadak, berikan waktu sejenak agar mesin kembali cukup dingin untuk digunakan. Kunjungi bengkel untuk membereskan isu sistem pendinginan yang tidak bekerja.

4. Cek Bagian Busi

Busi sendiri berperan memicu percikan api sehingga pembakaran bisa terjadi. Ketika komponen ini bermasalah maka pembakaran tidak akan terjadi, dan menyebabkan motor mati mendadak. Jadi pastikan busi dalam keadaan baik.

Pada beberapa jenis kendaraan roda dua, seperti Vespa model lawas misalnya, pengguna menyadari betul hal ini dan membawa busi cadangan sebagai langkah antisipasinya.

Itu tadi, beberapa cara mengatasi motor mati mendadak saat digunakan atau dalam perjalanan. Selalu pastikan motor dalam kondisi sempurna sebelum digunakan, dan semoga perjalanan Anda menyenangkan!

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News