Ini 6 Cara Menarik Investor Untuk Mendapatkan Suntikan Modal

Jakarta, IDN Times – Perusahaan rintisan (memulai) di Indonesia kian hari kian banyak pula jumlahnya. Bahkan, sebagian besar dari mereka didirikan oleh anak-anak muda. Meski begitu, persoalan dana seringkali menghambat memulai untuk berkembang.

Memulai biasanya memang memerlukan investor untuk membantu perusahaan mereka lebih maju dan berkembang. Kehadiran investor dirasa dapat menjadi pijakan awal bagi memulai, terutama yang baru didirikan, untuk mendukung pertumbuhan mereka.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan investor untuk memulai? Jika kamu penasaran, simak ulasan di bawah ini ya!

Baca Juga: 5 Jenis Investor yang Bisa Diincar Pemilik Startup, Catat ya!

1. Membuat profil di AngelList

ilustrasi wanita mengetik di laptop (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Dikutip dari kilatan, langkah awal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan investor, yaitu dengan membuat profil di AngelList. AngelList merupakan situs yang menjadi wadah bagi memulai dan investor untuk lebih mudah mengetahui satu sama lain

Buat profil memulai mu terlebih dahulu di situs tersebut secara lengkap dan menarik agar bisa menarik minat investor untuk berinvestasi. Isi detail informasi mengenai perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, dan anggota tim mu.

Baca Juga: Paxel Kantongi Pendanaan US$23 Juta dari Investor

2. Membangun relasi

Startup Merapat! Ini 6 Cara Jitu untuk Menarik Investor Suntik ModalHapus percikan

Jaringan atau relasi merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang. Bukan hanya untuk mendapatkan investor, bahkan untuk setiap jenis kegiatan lainnya.

Dengan membangun relasi, misalnya bergabung di komunitas memulai lokal, kamu akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai investor yang mungkin bisa menaruh dana di memulai mu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tips dan trikdan cara mengambil hati investor.

Terlebih lagi, mungkin kamu bisa direkomendasikan oleh temanmu kepada investor yang pernah berinvestasi di perusahaannya.

Baca Juga: 8 Tahap Pendanaan dalam Membangun Bisnis Startup

3. Hadiri peristiwa

Lanjutkan membaca artikel di bawah

pilihan Editor

Startup Merapat! Ini 6 Cara Jitu untuk Menarik Investor Suntik Modalpexels.com/fauxels

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menggaet investor, yakni dengan menghadiri sebuah peristiwa teknologi. Biasanya peristiwa seperti itu dihadiri oleh penggiat teknologi, memulai, investor, dan lainnya.

Manfaatkan peristiwa tersebut untuk lebih dekat dengan para investor dan cobalah untuk promosikan memulai mu kepada mereka. Siapa tahu, ada investor yang tertarik dengan ide maupun konsep yang kamu tawarkan.

Peristiwa yang bisa kamu hadiri, misalnya Tech in Asia Conference yang dihadiri ribuan peserta.

4. Memanfaatkan media sosial

Startup Merapat! Ini 6 Cara Jitu untuk Menarik Investor Suntik ModalIlustrasi media sosial (Unsplash.com/Austindistel)

Dilansir dari Forbes, media sosial masih dianggap sebagai metode paling ampuh bagi memulai atau pengusaha yang mencari investor maupun melakukan merek.

Carilah media sosial modal usaha yang ada di Indonesia dan gali informasi menganai cara mendapatkan investasi dari perusahaan tersebut. Beberapa modal usaha yang ada di Indonesia, misalnya East Ventures, MDI Ventures, AC Ventures, dan sebagainya.

5. Mengikuti program inkubator dan akselerator startup

Startup Merapat! Ini 6 Cara Jitu untuk Menarik Investor Suntik Modalilustrasi pelatihan karyawan (freepik.com/master1305)

Inkubator dan akselerator merupakan dua program yang ditujukan untuk mendukung pengembangan bisnis rintisan. Program ini terdiri dari rangkaian kegiatan seperti edukasi, pelatihan, mentoring, hingga bantuan pendanaan. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa terhubung secara langsung dengan investor.

Dilansir dari Tech In Asia, beberapa program inkubator yang bisa kamu ikuti, seperti Remake City Jakarta, Digitaraya, 1000 Startup Indonesia, dan sebagainya.

6. Kompetisi

Startup Merapat! Ini 6 Cara Jitu untuk Menarik Investor Suntik ModalProgram kompetisi kewirausahaan yang memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia yang berani berwirausaha Diplomat Success Challenge (DSC). (dok. DSC)

Saat ini, ada banyak sekali kompetisi memulai yang digelar, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Nominal hadiah yang ditawarkan dalam kompetisi ini tidak main-main. Jika kamu bisa memenangkan kompetisi tersebut, hadiah yang didapatkan bisa kamu gunakan sebagai modal awal untuk membangun memulai kamu.

Beberapa kompetisi memulai yang bisa kamu coba, misalnya Diplomat Success Challenge, Hackhathon, Ideas Competition hingga Pitching Competition.


Artikel ini bersumber dari www.idntimes.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News