Suara.com – Bagi UMKM pemula, wajar jika merasa bingung ketika harus menetapkan harga jual produk. Ada kekhawatiran jika harga jual yang ditetapkan terlalu murah atau terlalu mahal, karena keduanya tentu akan merugikan usaha dalam jangka panjang.

Lalu, bagaimana sebenarnya aturan dalam menetapkan harga jual produk?

Baru-baru ini, ShopeePay bersama ukmindonesia.id menghadirkan pelatihan virtual secara gratis bagi para pelaku UMKM, yang mengangkat topik Strategi Penentuan Harga Jual Produk. Dalam pelatihan tersebut, Musa Fernandus, Trainer dan Financial Consultant ukmindonesia.id, mengatakan bahwa penentuan harga jual produk yang tepat berperan penting dalam memaksimalkan penjualan sebuah brand dan kunci mendapatkan laba yang diinginkan.

Untuk itu, diperlukan pemahaman yang mendalam dan strategi yang tepat dalam menentukan harga produk yang sesuai dengan target konsumen serta pasar. Dan berikut adalah tiga kunci utama yang harus diingat oleh setiap pelaku usaha dalam menentukan harga jual produk yang tepat menurut Musa, mengutip siaran pers yang diterima Suara.com.

Momen Harnas UMKM, MenKopUKM Sebut Transformasi Digital Kunci UMKM Pulih dan Tahan Resesi

1. Ingat! Penentu Harga Jual Bukan hanya Modal dan Keuntungan

Mendapatkan keuntungan adalah salah satu tujuan dari setiap pemilik bisnis, namun hal tersebut tidak bisa dijadikan satu-satunya penentu dari harga produk yang ditetapkan.

Selain ada perhitungan pada harga pokok bahan yang digunakan dan keuntungan yang ingin didapat, diperlukan juga pemahaman tentang keunggulan produk yang ditawarkan di pasar.

Untuk itu, Anda perlu mencermati keunggulan produk dan keunikan yang ditawarkan terlebih dulu. Setelah itu, amati kelangkaan dan permintaan pelanggan, lalu tentukan harga yang tepat. Semakin unik dan langka produk Anda, semakin leluasa juga Anda dalam menentukan harga yang diinginkan.

2. Lakukan Evaluasi Harga secara Berkala

Cara TikTok Gencarkan Digitalisasi UMKM Indonesia

Dari waktu ke waktu, kondisi pasar cenderung berubah-ubah mengikuti permintaan dan kesediaan barang. Untuk itu, harga jual produk yang ditentukan pada saat awal membangun bisnis pun harus secara berkala disesuaikan agar tidak merugi.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News