BATERAI lithium-ion pada kendaraan listrik hybrid, PHEV dan BEV memiliki masa usia pakai. Jika baterai lithium-ion sudah habis ke manakah konsumen harus membuang?

Technical Service Section Head PT SIS Adhi Prasojo mengatakan, konsumen berkewajiban mengembalikan baterai lithium-ion ke bengkel resmi.

Baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai akan dikelola dan didaur ulang perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan limbah B3.

“Untuk mendukung komitmen dalam menciptakan tata kelola limbah yang bertanggung jawab, kami mengimbau kepada seluruh pemilik All New Ertiga Hybrid untuk mengganti baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai di dealer atau bengkel resmi Suzuki terdekat,” kata Adhi.

Dia menjelaskan ini dilakukan sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan dalam menciptakan tata kelola limbah industri bertanggung jawab dan berorientasi pada lingkungan.

Hal tersebut sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingungan Hidup dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 12 Tahun 2021.

“Dalam proses pengelolaan baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai, bengkel Suzuki yang menerima baterai dari konsumen akan mengirimkan baterai tersebut ke PT SIS. Kemudian PT SIS akan mengirimkan baterai lithium-ion ke lokasi penampungan, peleburan, dan pemanfaatan limbah oleh pihak ketiga sebagai badan usaha yang sudah memiliki izin resmi dalam penanganan limbah B3,” katanya.

Diketahui, dalam teknologi Suzuki Smart Hybrid terdapat dua komponen utama, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai lithium-ion yang dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Dalam kondisi banyak stop and go, ISG dan baterai lithium-ion mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Untuk menjaga kinerjanya agar tetap prima, kedua komponen tersebut harus selalu diperhatikan kondisinya, terutama baterai lithium-ion.

“Karena teknologi ini tergolong baru, mungkin ada beberapa konsumen yang belum mengetahui bagaimana menjaga kondisi battery lithium ion agar tetap prima dan berfungsi secara maksimal. Untuk itu, kami akan terus memberikan edukasi mengenai hal tersebut dan mendampingi konsumen setiap saat,” ujar Adhi.

Artikel ini bersumber dari otomotif.okezone.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News