PortalJember.com – Anemia memang kerap dialami oleh ibu hamil. Namun meskipun demikian, hal itu bukanlah merupakan hal yang normal atau wajar.

Karena anemia yang dialami ibu hamil akan berdampak pada kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya, terutama anemia berat.

Beberapa dampak buruk yang dapat dialami ibu hamil dan janin akibat mengalami anemia, diantaranya pendarahan postpartum yaitu terjadinya pendarahan setelah melahirkan, dan bayi lahir dengan berat badan yang kurang sehingga pertumbuhan bayi akan terganggu.

5 Gejala Penyebab Stroke Terutama pada Usia Muda, Salah Satunya Stres Menurut dr. Saddam Ismail

Selain itu, akan mengakibatkan kelainan pertumbuhan atau penempatan posisi plasenta sehingga mengganggu jalan lahir bayi, kelahiran prematur dan kemungkinan terburuk yaitu kematian bayi.

Oleh sebab itu, ibu hamil harus menghindari terjadinya anemia dengan melakukan beberapa cara sebagaimana dikutip PortalJember.com dari video kanal YouTube Saddam Ismail pada 13 Agustus 2022.

dr. Saddam Ismail mengatakan bahwa anemia dapat dicegah dengan merubah pola makan sesuai dengan kebutuhan gizi dan nutrisinya. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi.

Nasi Jadi Lebih Sehat dan Sedap, Begini Cara Masaknya Menurut dr. Saddam Ismail

“Nah tentu temen-temen harus merubah pola makannya, dengan cara menunjang kebutuhan gizi dan nutrisinya. Yang pertama temen-temen mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi ya misalkan telur daging ayam ikan,” kata dr. Saddam Ismail.


Artikel ini bersumber dari portaljember.pikiran-rakyat.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News