Penyebab AC Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya

Jumat, 5 Agustus 2022 – 10:18 WIB

VIVA Otomotif – AC mobil merupakan salah satu komponen penting, untuk menjaga kenyamanan kabin selama berkendara. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat komponen tersebut agar tidak terjadi masalah.

Namun, ada beberapa pemilik mobil masih mengeluh dan mengalami pada komponen ini yang menyebabkan kebocoran. Hal itu dikarenakan, bisa terjadi jika terdapat lubang atau retakan pada selang freon.

Meski begitu, ada penyebab lain yang bisa menyebabkan AC mobil mengalami kebocoran, apa saja? Dirangkum VIVA dari Suzuki, Jumat 5 Agustus 2022, ada beberapa penyebab kebocoran pada komponen tersebut yang jarang diketahui.

Ilustrasi gambar interior mobil Kia Seltos Facelift 2022 terbaru

Penyebab pertama adalah terlalu banyak isi freon. Jika kelebihan, maka akan mengakibatkan kompresor harus bekerja ekstra dan memompa freon ke seluruh sistem agar bisa mendinginkan mobil. Dampaknya, terjadi kebocoran pada kompresor.

Selain itu, penyebab lainnya yakni AC mengalami penyumbatan. Diketahui, kinerja komponen ini terus berulang selama sistem dihidupkan pada posisi kendaraan menyala.

Kapan Saring pengering pada AC tidak berfungsi maksimal, akan terjadi penyumbatan akibat dari kotoran dan debu yang terdapat dalam freon. Sumbatan inilah bisa memicu kebocoran AC, bahkan mengakibatkan kompresor bisa jebol dan mati total.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News