Penyebab Penglihatan Kabur saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penglihatan kabur saat hamil merupakan hal normal dan sering terjadi pada ibu hamil

Selama kehamilan, banyak gejala dan perubahan yang dialami ibu hamil. Salah satunya adalah masalah penglihatan.

Penglihatan mama selama kehamilan bisa menjadi menjadi lebih buram dan kabur daripada biasanya, sehingga Mama mungkin mengalami kesulitan melihat dengan jelas.

Jika Mama mengalami hal seperti ini, jangan khawatir dulu, ya. Penglihatan kabur saat hamil merupakan hal normal dan sering terjadi pada ibu hamil.

Berikut Popmama.com rangkum mengenai penyebab penglihatan kabur saat hamil dan cara mengatasinya. Yuk, disimak!

Pilihan Editor

Penyebab Penglihatan Kabur saat Hamil

Freepik/gpointstudio

Penyebab umum mengapa penglihatan mama kabur selama kehamilan adalah karena hormon kehamilan. Hormon kehamilan memungkinkan jaringan di dalam tubuh menahan lebih banyak cairan, yang menyebabkan lensa dan kornea (lapisan terluar mata) menebal.

Menurut dr. Laura Riley, seorang OB-GYN di New York, AS, peningkatan hormon estrogen dapat menyebabkan mata ibu hamil menjadi lebih kering karena tubuh memproduksi lebih sedikit air mata.

Saat mata sedikit lebih kering karena tidak ada air mata, maka dapat menyebabkan penglihatan kabur, iritasi mata, mata terlihat mereah, hingga lebih sensitif pada cahaya matahari.

Selain itu, penyebab penglihatan kabur pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh preeklamsia (tekanan darah tinggi pada ibu hamil), dan alami migrain yang menyebabkan mata buram dan terasa berkunang-kunang.

Hal lain yang mungkin jadi penyebab mata kabur selama kehamilan adalah diabetes. Penyakit ini bisa menyerang pembuluh darah kecil di retina mata sehingga penglihatan jadi kabur. Jika Mama memiliki riwayat penyakit diabetes, ada baiknya langsung segera memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur saat Hamil

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur saat Hamil

Freepik/Senivpetro

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pengllihatan kabur saat hamil.

Cara pertama adalah dengan menggunakan kacamata. Penggunaan kacamata akan membantu penglihatan ibu menjadi lebih jelas dan dapat melindungi mata ibu dari pantulan sinar matahari.

Cara kedua yang bisa Mama lakukan, yaitu dengan memberikan obat tetes mata yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi mata kering dan kabur selama kehamilan.

Cara lainnya adalah dengan mengistirahatkan mata mama secara berkala dan hindari menatap layar ponsel, TV, atau laptop secara terus menerus. Jika Mama harus bekerja dengan laptop atau ponsel, pastikan beri jeda istirahat untuk mata agar mata mama tidak terasa kering.

Kapan Harus ke Dokter?

Kapan Harus ke Dokter

Pexels.com/MartProduction

Pada dasarnya penglihatan kabur selama kehamilan merupakan hal yang umum terjadi pada ibu hamil, dan penglihatan mama kemungkinan akan kembali normal dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan.

Namun, jika Mama mengalami perubahan secara signifikan pada penglihatan mama, seperti penglihatan menjadi terasa ganda, disertai dengan  bintik-bintik hitam pada penglihatan, segera hubungi dokter.

Perubahan penglihatan yang tiba-tiba dan signifikan seperti ini selama kehamilan dapat menandakan preeklamsia (tekanan darah tinggi selama kehamilan) dan diabetes yang tidak terkontrol.

Itu tadi informasi mengenai penyebab penglihatan kabur saat hamil dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:


Artikel ini bersumber dari www.popmama.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News