Penyebab Tomat Busuk pada Bagian Bawah dan Cara Mencegahnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Mendapati buah tomat yang mengalami memar atau busuk pada bagian bawah di tengah pertumbuhannya tentu membuat siapa pun yang menanamnya merasa kecewa.

Kondisi ini dikenal dengan istilah pembusukan ujung bunga atau pembusukan ujung bunga pada tomat (BER). Ini adalah masalah umum bagi banyak tukang kebun.

Penyebab tomat busuk pada bagian bawah terletak pada ketidakmampuan tanaman untuk menyerap kalsium yang cukup untuk mencapai buah.

Baca juga: Mengapa Tanaman Tomat Tidak Berbuah? Ini 5 Penyebabnya

Tanaman tomat dengan blossom end rot

FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS Ilustrasi tanaman tomat.

Dilansir dari Berkebun Tahu BagaimanaJumat (5/8/2022), masalah memar dan pembusukan pada tomat biasanya dimulai pada fase pertama buah yang belum mencapai ukuran penuh.

Memar tersebut tampak berair dan berwarna coklat kekuningan awalnya, lalu akan tumbuh hingga merusak sebagian besar buah. Selain tomat, tanaman sayur juga bisa mengalami busuk ini paprika, terong, dan labu.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Tomat dan Wortel di Apartemen

Penyebab tomat busuk pada bagian bawah

Ini semua tentang akar dan kemampuan tomat untuk membawa kalsium ke atas. Ada beberapa hal yang mencegah akar tanaman tomat mengirim kalsium ke buah tanaman.

Kalsium diangkut dari akar ke buah melalui air. Jadi, saat tidak menyirami tanaman secara konsisten, ini bisa menyebabkan pembusukan bunga.

Begitu juga memberi terlalu banyak pupuk pada tanaman baru dapat membuatnya tumbuh terlalu cepat, yang dapat mencegah akar memberikan cukup kalsium dengan cukup cepat untuk mengikuti pertumbuhan tanaman.

Jika akar tanaman penuh sesak atau tergenang air, hal ini tidak dapat menarik kalsium ke buah. Akhirnya, tanah mengalami kekurangan kalsium.

Untuk itu, Anda perlu melakukan tes tanah terlebih dahulu. Jika tanah menjadi penyebabnya, tambahkan sedikit kapur akan membantu.

Baca juga: Cara Menyimpan Tomat di Suhu Ruang dan Kulkas agar Tetap Segar

Artikel ini bersumber dari www.kompas.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News