TANGERANG, investor.id – PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) resmi meluncurkan aplikasi seluler MyAstraLife sebagai upaya perseroan memperkuat pelayanan berbasis digital. Aplikasi ini memungkinkan nasabah mengakses informasi polis, portofolio, dan peralihan unit investasi, memproses klaim, sampai membeli produk asuransi tradisional.

Presiden Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengungkapkan, MyAstraLife merupakan respons perusahaan terhadap optimalisasi pemanfaatan teknologi digital yang telah dilakukan sejak 2014. “Ini menjadi bagian dari aspirasi perusahaan untuk menjadi akujika sayaperawat dari tdia fhidup,” kata Winda dalam konferensi pers di Tangerang, Selasa (16/8).

Menurut Winda, MyAstraLife adalah aplikasi layanan nasabah Astra Life dalam genggaman dengan berbagai fitur untuk seluruh produk yang terintegrasi dari seluruh kanal penjualan. “Kami berharap MyAstraLife bisa membawa pengalaman berasuransi yang mudah dan nyaman untuk seluruh pelanggan Astra Life,” tutur dia.

Windawati Tjahjadi menjelaskan, Astra Life kini memiliki lebih dari tiga juta tertanggung yang diharapkan bisa segera memanfaatkan layanan MyAstraLife. Aplikasi ini dapat memudahkan nasabah mengakses informasi polis, informasi perkembangan portofolio tautan satuanmengalihkan unit investasi, dan mempermudah proses klaim.

“Tidak ada target tertentu untuk jumlah pengguna. Tapi menurut saya, melihat mayoritas atau hampir 70% polis di Astra Life itu adalah tautan satuanmaka diharapkan para pemegang polis tautan satuan bisa memakai aplikasi ini, supaya proses lebih cepat bisa bayar klaim, transaksi, dan lainnya. Memang butuh waktu untuk mereka bisa familiar untuk pakai aplikasi ini,” papar dia.

Winda menambahkan, MyAstraLife ini akan memperlengkap akses nasabah terhadap berbagai layanan perusahaan. Perusahaan juga telah memiliki sejumlah kanal digital, salah satunya ilovelife.co.id.

“Berbagai inovasi yang dihadirkan merupakan upaya kami untuk membantu nasabah agar senantiasa dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan melalui produk dan layanan asuransi, sehingga setiap nasabah dapat terus menikmati dan mencintai hidup sesuai tagline kami, Cintai hidup,” tandas Winda.

VP, Kepala Pemasaran & Branding dan Saluran Digital Astra Life, Windy Riswantyo menerangkan, tujuan utama hadirnya MyAstraLife adalah memperkuat layanan. Di samping itu, aplikasi telah memungkinkan nasabah dan calon nasabah mengakses produk-produk asuransi yang bersifat proteksi.

“Jadi, produk yang ditawarkan di sini kami sesuaikan, seperti produk asuransi murni yang punya premi bulanan relatif kecil. Per hari ini sudah ada, bahkan tidak cuma beli untuk diri sendiri, untuk juga ditawarkan ke teman dan saudara juga sudah bisa,” ungkap Windy.

Hingga saat ini, menurut dia, kanal digital Astra Life telah berkontribusi sekitar 5% terhadap pendapatan premi perusahaan. Porsi ini akan terus berkembang seiring dengan komitmen perusahaan memanfaatkan teknologi digital.

Windy menerangkan, MyAstraLife menghadirkan sejumlah fitur untuk mempermudah pengalaman berasuransi nasabah Astra Life. Fitur Portofolio saya dihadirkan untuk mengakses semua detail polis milik nasabah maupun keluarganya, baik perlindungan kesehatan maupun total nilai perlindungan jiwa dari seluruh polis, termasuk asuransi kantor dan pribadi.

Adapun fitur Klaim saya bertujuan mempermudah pengajuan klaim, melanjutkan draf pengajuan klaim, informasi status klaim, hingga melihat riwayat klaim. Nasabah juga bisa memanfaatkan Nilai Dana Saya untuk memperoleh informasi portofolio dari polis tautan satuan yang dimiliki, termasuk mengunduh laporan pernyataan unit.

Turut dihadirkan pula fitur Kartu Elektronik saya sebagai pengganti kartu asuransi fisik saat berobat di rumah sakit rekanan agar lebih praktis karena cukup menunjukkan atau scan e-card. Nasabah juga bisa memanfaatkan fitur Pencarian Rumah Sakit Rekanan terdekat maupun di lokasi lainnya.

Editor : Abdul Aziz ([email protected])


Artikel ini bersumber dari investor.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News