Permintaan tinggi, penjualan merchant GoFood Vietnam naik 3 kali lipat

Gojek terus mengembangkan solusi komprehensif guna membantu merchant dalam mengembangkan bisnis

Jakarta (ANTARA) – Gojek, perusahaan penyedia jasa sesuai permintaan terdepan di Asia Tenggara mengungkapkan data terbaru terkait dengan performa bisnis pedagang GoFood Vietnam yang melesat di semester pertama tahun (H1) 2022 dari periode yang sama tahun 2021 (tahun ke tahun/yoy).

Berdasarkan data resmi Gojek, terungkap adanya pemulihan yang kuat dalam transaksi pesan-antar makanan on line dan pertumbuhan bisnis pedagang GoFood Vietnam, dengan rata-rata penjualan pedagang pada H1-2022 meroket hampir 3 kali lipat secara tahun ke tahun.

Sebagai informasi, Gojek beroperasi di tiga negara yakni Indonesia, Singapura, dan Vietnam. Gojek memulai layanan di Vietnam pada 2018, dengan merek awal GoViet. Seiring dengan ekspansi di Asia Tenggara, Gojek lalu mengubah nama GoViet menjadi Gojek sejak Agustus 2020 sesuai merek di Indonesia dan Singapura.

Mengacu data Gojek, jumlah pengguna di Vietnam yang melakukan transaksi GoFood pada paruh pertama tahun 2022 meningkat sebesar 66% tahun ke tahun.

GoFood pimpin layanan pesan antar makanan di Indonesia

Menurut Dung Le, Head of Merchants Gojek Vietnam, pertumbuhan penjualan pedagang GoFood menunjukkan adanya pemulihan ekonomi yang kuat di Vietnam, terutama di pusat-pusat perkotaan seperti Kota Ho Chi Minh (HCMC) dan Hanoi.

“Dengan banyaknya masyarakat yang mengandalkan platform on line untuk kebutuhan sehari-hari, pedagang makanan yang memanfaatkan kekuatan layanan digital akan memiliki peluang besar untuk mengembangkan bisnis mereka,” kata Dung Le, dalam keterangan resmi yang diterima DI ANTARASenin (8/8/2022).

Kenaikan popularitas GoFood di ibu kota Vietnam pun tercermin dengan jumlah pengguna baru yang tumbuh 35 persen, di mana kenaikan di Hanoi hampir 5 kali lebih besar dibandingkan dengan di HCMC.

Total volume pesanan juga melesat bersamaan dengan jumlah pesanan atau order GoFood yang naik 72 persen di paruh pertama tahun 2022.

Di Hanoi, jumlah pesanan GoFood naik lebih dari 3 kali lipat pada periode yang sama. Pada paruh pertama tahun 2022, nilai rata-rata pesanan GoFood tumbuh 23 persen tahun ke tahun, meskipun harga makanan di GoFood sebagian besar tetap sama.

Hasilnya, dari pertumbuhan jumlah pengguna dan nilai pesanan, rata-rata penjualan bulanan pedagang di GoFood meningkat secara signifikan dalam 6 bulan pertama tahun 2022.

Potensi sumbangan pendapatan GoFood ke GoTo diprediksi meningkat

Rata-rata penjualan pedagang GoFood di Vietnam pada H1-2022 hampir 3 kali lipat tahun ke tahundengan transaksi penjualan pedagang GoFood di Hanoi yang meningkat 5 kali lipat dan Ho Chi Minh (HCMC) dengan peningkatan lebih dari 2 kali lipat.

Sementara itu, pemilik PaPa Chicken-Ga Ran-Com Ga, Nguyen Huu Hai mengatakan, PaPa Chicken awalnya hanya memiliki satu toko saat memulai bisnis bekerja sama dengan GoFood tahun 2019.

Dengan dukungan Gojek, hanya dalam 3 tahun, pihaknya dapat memperluas bisnis ke 28 toko di Vietnam, dengan empat di HCMC dan 24 di Hanoi. Selain itu, pendapatan penjualan Papa Chicken di GoFood meningkat 20 kali lipat pada kuartal pertama tahun 2022, dibandingkan dengan kuartal terakhir tahun 2021.

“Seiring dengan pertumbuhan kehadiran platform on line selama beberapa tahun terakhir, kami telah melihat banyak manfaat dari kemitraan kami dengan GoFood: platform berbasis teknologi yang mewadahi manajemen bisnis on line dan promosi yang efektif, staf yang berdedikasi, serta kemampuan untuk menjangkau basis pelanggan yang luas dan beragam,” katanya.

Mayoritas pengguna layanan pesan-antar makanan millenial dan Gen Z

Jumlah pedagang naik

Dung Le mengungkapkan, jumlah pedagang di platform GoFood juga terus meningkat dengan pertumbuhan yang stabil karena Kota HCMC dan Hanoi secara bertahap melonggarkan pembatasan sosial.

Pada paruh pertama tahun 2022, jumlah pedagang yang terdaftar di GoFood meningkat sebesar 83 persen tahun ke tahun. Pada Juni 2022, jumlah pedagang baru di GoFood tumbuh sebesar 21 persen dibandingkan bulan sebelumnya, dan meningkat sebesar 31 persen dibandingkan rata-rata kuartal pertama.

Menurut Dung Le, saat ini, GoFood mendukung pertumbuhan puluhan ribu pedagang dari seluruh kalangan di Vietnam melalui platform GoFood, dari merek internasional, pedagang besar dengan jaringan tokohingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berjumlah 90 persen dari total pedagang GoFood di Vietnam.

Hal ini sejalan dengan komitmen berkelanjutan GoFood demi memberdayakan UMKM melalui platform dan mendukung pertumbuhan bisnis mereka. Gojek mengembangkan platform pendaftaran on line gratis sehingga memudahkan para pedagang dari semua kalangan untuk bermigrasi secara on line dan bergabung dengan platform GoFood dengan cepat dan nyaman.

Kiat buru kuliner UMKM di Gofood ala “food vlogger” Mgdalenaf

Gojek juga memperkenalkan aplikasi GoBiz di Vietnam, sebuah platform manajemen pesanan untuk membantu pedagang GoFood mengoptimalkan proses pengiriman makanan on line dan mengembangkan bisnis mereka secara efektif. Lebih dari 90 persen pedagang GoFood menggunakan GoBiz setiap hari.

Selain itu, Gojek juga memberikan dukungan serta saran yang komprehensif dan selalu aktif kepada para pedagang GoFood sepanjang perjalanan bisnis mereka. Tak hanya memberikan wawasan dan kiat-kiat bisnis, Gojek juga membantu para pedagang untuk meningkatkan citra merek, memperluas basis pelanggan, meningkatkan penjualan dengan fitur-fitur seperti promosi pengiriman gratis, dukungan pemasaran dan periklanan, dan lainnya.

“Gojek terus mengembangkan solusi komprehensif guna membantu pedagang dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Dengan memahami pentingnya kebutuhan konsumen dan pengembangan bisnis bagi pedagangkami berusaha menawarkan dukungan yang tepat bagi mereka. Kami tetap berkomitmen penuh, berdiri berdampingan dengan para pedagang dan terus meningkatkan layanan kami untuk semua orang dalam ekosistem dengan adanya “normal baru“Dari Vietnam.”

Saat ini, Gojek menghubungkan lebih dari 200.000 mitra pengemudi sepeda motor dan puluhan ribu pedagang ke jutaan konsumen di Vietnam. Fitur GoFood dari Gojek merupakan salah satu layanan pesan-antar makanan terkemuka di Vietnam yang menawarkan lebih dari 1 juta hidangan sesuai permintaan konsumen.

Saat ini, Gojek memiliki lebih dari 2,6 juta mitra pengemudi. Gojek merupakan bagian dari GoTo Group, ekosistem digital terbesar di Indonesia, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Sosok perempuan super masa kini, usaha rumahan hingga womenpreneur

GoFood kurasi ragam menu hampers hingga e-card

Pertama di Indonesia, GoFood gunakan robot layanan pesan antar makanan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News