Salah Beli Aplikasi? Ini 5 Cara Ajukan Refund di Google Play Store

” Google Play Store memberikan kesempatan bagi konsumennya untuk meminta pengembalian dana atau refund ”

KENDARI, TELISIK.ID – Sebagai toko aplikasi resmi untuk sistem operasi android, Google Play Store memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai aplikasi dan konten secara gratis maupun berbayar.

Membahas tentang aplikasi atau konten berbayar, Google Play Store juga memberikan kesempatan bagi konsumennya untuk meminta pengembalian dana atau refund.

Sebagai contoh, ada pembelian yang tidak disengaja oleh Anda atau anggota keluarga dan menggunakan akun Pribadi Anda, maka Anda dapat mengajukan refund.




Mengutip dari Liputan6.com dan Selular.id, apabila menemukan pembelian yang tidak dilakukan oleh orang yang dikenal menggunakan kartu atau metode pembayaran lain, kamu dapat melaporkan tagihan tidak sah tersebut 120 hari setelah transaksi.

Berikut cara mendapatkan pengembalian uang di Google Play Store.

1. Cara mengembalikan aplikasi atau permainan dari Play Store

Cara termudah untuk mendapatkan pengembalian uang Google Play pada aplikasi atau game yang baru dibeli adalah meminta pengembalian uang langsung di Play Store.

Prosesnya sangat sederhana, tanpa pertanyaan yang diajukan, tetapi ada tips. Anda harus bertindak cepat.

Bahkan, Anda harus mengajukan permintaan pengembalian dana dalam waktu dua jam untuk membeli aplikasi atau permainan langsung di aplikasi Play Store.

Gratis, Ini 4 Cara Download Video Twitter Tanpa Aplikasi

Setelah itu, Anda memiliki 48 jam untuk meminta refund dari Google. Itu mungkin terdengar cepat, tetapi dua jam adalah durasi waktu yang cukup untuk menentukan apakah Anda akan terus menggunakan aplikasi atau game, atau tidak.

Kedua metode ini juga berfungsi untuk pembelian yang tidak disengaja.

2. Cara mendapatkan refund dalam waktu dua jam

* Di ponsel Anda, buka Google Play Store dan navigasikan ke aplikasi atau game yang Anda ingin kembali.

* Klik tombol Pengembalian Uang. Prompt akan muncul memberi tahu Anda aplikasi akan dihapus.

* Konfirmasikan dengan mengetuk tombol Pengembalian Uang Permintaan.

* Play Store akan memproses pengembalian dana dan halaman aplikasi akan menyegarkan. Akan terlihat seolah-olah Anda tidak pernah membelinya.

3. Cara mendapatkan refund di luar batas 48 jam

* Hal pertama yang akan kami rekomendasikan adalah mengisi formulir seperti yang diarahkan. Jika aplikasi curang atau sesuatu yang salah, Google Play akan menguangkan refund bahkan jika itu di luar jendela.

* Kecuali itu, hal terakhir mengirim email kepada pengembang secara langsung. Cukup buka Play Store dan navigasikan ke aplikasi atau game yang dimaksud. Ada bagian di sana untuk menghubungi pengembang.

* Gunakan informasi itu untuk mengirim pengembang email yang meminta pengembalian uang dan alasan.

Pada titik ini, peluang Anda untuk mendapatkan pengembalian uang masih aman.

4. Google Assistant di perangkat

Kamu dapat memberitahu Google Assistant di perangkat bahwa kamu ingin melakukan pengembalian dana Google Play. Namun, untuk meminta pengembalian dana dari Asisten Google, kamu harus menggunakan Bahasa Inggris Amerika Serikat di perangkat.

WhatsApp Rancang Fitur Baru, Admin Bisa Hapus Pesan dalam Grup

5. Dukungan dari developer atau pembuat aplikasi

Cara lainnya, kamu sebaiknya menghubungi developer aplikasi jika:

* Memiliki pertanyaan terkait aplikasi.

* Melakukan pembelian dalam aplikasi, tetapi item yang dibeli tidak dikirim atau tidak berfungsi seperti yang Anda harapkan.

* Anda menginginkan pengembalian dana dan sudah lebih dari 48 jam sejak pembelian. Developer dapat membantu Anda terkait masalah pembelian, dan dapat memproses pengembalian dana sesuai dengan kebijakan dan hukum yang berlaku. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali


Artikel ini bersumber dari telisik.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News