Jakarta (ANTARA) – TikTok menghadirkan program kolaborasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta tiket.com bertajuk “Jelajah #SerunyaIndonesia” untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata guna memeriahkan momen perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Program “Jelajah #SerunyaIndonesia” akan menggandeng empat kreator konten muda untuk melakukan siaran langsung melalui aplikasi TikTok ke 77 destinasi wisata di 17 kota di Indonesia.

“Sesuai dengan tema HUT ke-77 RI ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, kami ingin mendukung dan mempromosikan sektor pariwisata yang memang dalam kurun waktu dua tahun terakhir terimbas besar akibat pandemi COVID-19 sehingga tentunya bisa memulihkan kondisi pariwisata di Indonesia,” kata Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Agung Pamungkas dalam peluncuran virtual program “Jelajah #SerunyaIndonesia”, Kamis.

Empat kreator muda yang digandeng TikTok yaitu Firly Adhyatma Rusli pemilik akun TikTok @firlyafro, Melani Amelia pemilik akun @namakuamel_racosta, Canny Claudya dengan akun TikTok @cannyclau, dan Nanda Setiya Pratam Juanda yang memiliki akun TikTok @itingsmeledak.

Perjalanan keempat kreator konten itu akan dibagi dari wilayah Barat dan Timur untuk nantinya berakhir di DKI Jakarta.

Dari 77 destinasi wisata yang akan disambangi para kreator, Destinasi Pariwisata Super Prioritas akan masuk ke dalam daftar untuk dikunjungi.

Lima DPSP itu ialah Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun mendukung program memanfaatkan platform digital ini sebagai upaya tidak hanya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tapi juga mendorong rasa nasionalisme bagi masyarakat yang mengikuti petualangan menjelajah Nusantara lewat layar ponsel ini.

“Kampanye jelajah #SerunyaIndonesia yang akan kita bersama gaungkan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia tidak hanya akan meningkatkan minat masyarakat terutama generasi muda untuk jalan-jalan di Indonesia aja tapi juga rasa nasionalisme serta kebanggaan akan indahnya Tanah Air dan cantiknya ragam budaya bangsa,” kata Plt. Direktur Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Firnandi Gufron.

Nantinya untuk akomodasi dan biaya perjalanan seluruhnya akan didukung oleh tiket.com sebagai salah satu agen penyedia layanan perjalanan daring di Indonesia.

“Dengan adanya program Jelajah #SerunyaIndonesia, pariwisata di Indonesia bisa mendapatkan dukungan untuk bangkit. Ini sejalan dengan visi kami yang mendukung bangkitnya pariwisata di Tanah Air maka dari itu kami berkomitmen memberikan dukungan penuh untuk rangkaian program Jelajah #SerunyaIndonesia,” kata Senior Public Relations Manager tiket.com Sandra Darmosumarto.

Salah satu kreator yang akan meramaikan Jelajah #SerunyaIndonesia yakni Canny Claudya mengungkapkan dirinya merasa senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan untuk mendukung pariwisata Tanah Air mengalami pemulihan.

Ia merasa tak sabar untuk bisa mengajak para pengguna TikTok mengeksplorasi tempat-tempat wisata unik dan menarik bersama-sama secara virtual.

“Aku menantikan interaksi selama jalan-jalan virtual berlangsung. Aku ingin para penonton aku tidak cuma melihat tempat-tempat yang indah di destinasi wisata itu. Tentunya aku akan ajak mereka untuk mengetahui cerita, budaya, dan kisah menarik di setiap destinasi yang akan aku kunjungi,” kata Canny dengan semangat menyambut program Jelajah #SerunyaIndonesia.

Sebagai puncak acara memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI, Jelajah #SerunyaIndonesia akan ditutup dengan festival di DKI Jakarta bertajuk “#SerunyaIndonesia” untuk merayakan persatuan di tengah keberagaman dan perbedaan budaya.

Pariwisata pulih lebih cepat dengan skema digitalisasi tepat

TikTok hadirkan fitur “auto-caption” penerjemah

Bawaslu ajak TikTok Indonesia untuk berperan sejukkan Pemilu 2024

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News