Top 3 Tekno Berita Kemarin: Cara Ganti Nomor WhatsApp, Awal Wabah Cacar Monyet

TEMPO.CO, Jakarta – Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 5 Agustus 2022, diawali dari artikel tips teknologi tentang cara ganti nomor WhatsApp tanpa diketahui orang lain. Informasi cara yang mudah dan efektif yang disajikan dikutip dari laman faq.WhatsApp.com.

Berita terpopuler kedua kemarin adalah kisah dokter di sebuah klinik di Nigeria dan seorang pasiennya lima tahun lalu. Pasien itu adalah seorang anak laki-laki berusia 11 yang datang dengan penyebaran lesi yang ekstensif di tubuhnya. Penelusuran awal mula wabah cacar monyet di dunia saat ini ternyata sampai kepada pasien anak itu.

Sebagai berita terpopuler ketiga adalah kembali artikel informasi, tapi yang ini membagikan prakiraan cuaca dari BMKG. Informasinya memuat peringatan dini akan ombak besar hingga setinggi enam meter di banyak perairan di Indonesia.

Berikut Top 3 Tekno Berita Kemarin, Jumat 5 Agustus 2022, selengkapnya,

1. Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Diketahui Orang Lain

Pernahkah Anda ingin mengganti nomor lama dengan nomor yang baru di aplikasi Ada apa? Ternyata terdapat cara mudah dan efektif untuk melakukan hal tersebut.

Sebelum itu, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum mulai untuk mengganti nomor. Dilansir dari laman faq.WhatsApp.com, yang pertama perlu dipersiapkan ialah memastikan nomor kontak baru Anda dapat menerima Short Message Service (SMS) atau panggilan.

Kedua, Anda perlu memastikan bahwa nomor telepon yang Anda gunakan sekarang terdaftar di WhatsApp. Cara melihat nomor yang sudah terdaftar dapat membuka WhatsApp, lalu klik Opsi lainnya > Setelan > ketuk foto profil.

2. Kisah Dokter Klinik di Nigeria dan Awal Wabah Cacar Monyet di Dunia

Lima tahun lalu, Dimie Ogoina dari Nigeria melihat apa yang mungkin menjadi pasien terpenting sepanjang karirnya sebagai seorang dokter spesialis penyakit menular. Seorang pasien dengan infeksi yang bisa jadi adalah awal dari wabah cacar monyet terbesar di dunia sepanjang sejarah.

Lima tahun lalu, tepatnya pada 22 September 2017, seorang anak laki-laki berusia 11 tahun datang ke klinik Ogoina di Universitas Delta Niger dengan ruam aneh pada kulit dan luka dalam mulutnya. “Dia memiliki lesi yang sangat luas sampai ke wajah dan seluruh tubuhnya,” kata Ogoina mengisahkan.

Dokter Dimie Ogoina dan bangsal isolasi cacar monyet di Universitas Rumah Sakit Delta Niger di Bayelsa, Nigeria. Dok. Dimie Ogoina

Ruam terlihat sepintas seperti cacar air biasa. Tapi, masalahnya, kata Ogoina, “Anak itu sudah pernah kena cacar air sebelumnya.” Jadi, dia menyimpulkan, itu bukan cacar air.

3. Cuaca Hari Ini, BMKG Sebut Potensi Ombak 4-6 Meter di Banyak Perairan

Untuk prakiraan cuaca hari ini, Jumat 5 Agustus 2022, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Selat Karimata. Sistem itu membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sumatera Selatan hingga perairan Kepulauan Karimata dan dari Kalimantan Tengah hingga Pulau Belitung.

Seperti diketahui, pertumbuhan awan hujan berpotensi meningkat di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Samudera Hindia barat Lampung-Bengkulu, Laut Natuna Utara, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara. Juga dari Sulawesi Barat hingga perairan timur Kalimantan Timur, di Laut Sulawesi bagian barat, dari perairan utara Halmahera hingga perairan Kepulauan Talaud, di Papua, dan di Samudera Pasifik utara Jayapura-Biak.


Artikel ini bersumber dari tekno.tempo.co.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News