customer.co.id – Mengunjungi tempat melihat sunset di Bali bisa menjadi pilihan aktivitas yang berkesan saat berada di Pulau Dewata.

Bahkan, seperti dikutip (12/03/2022), Pura Tanah Lot dan Pura Uluwatu masuk dalam daftar 10 tempat terbaik di dunia untuk melihat sunset alias matahari terbenam.

Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh situs seputar tidur asal Inggris, Mornings.co.uk.

Ada banyak spot melihat sunset di Pulau Dewata. Namun, jika dalam waktu dekat berencana menikmati momen mengagumkan ini, setidaknya berikut beberapa tempat melihat sunset di Bali yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Melihat Sunset di Bali

1. Pura Tanah Lot

Tanah Lot atau Pura Luhur Tanah Lot adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan jika kamu mencari tempat melihat sunset di Bali.

Pengunjung yang ingin melihat sunset bisa datang ke Sunset Terrace. Lokasinya ada di seberang Pura Luhur Tanah Lot.

“Tempat ini sangat strategis untuk menikmati sunset dan disini juga terdapat banyak warung makan yang memanjakan lidah,” ujar Bagian Promosi Daerah Tempat Wisata Tanah Lot, Tiang Kadek Niti, seperti dikutip dari , (10/09/2021).

Adapun kawasan Tanah Lot berlokasi di Desa Beraban, Kabupaten Tabanan, Bali.

2. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung juga menjadi tempat melihat sunset di Bali yang populer di kalangan wisatawan.

Biasanya, pengunjung yang datang untuk menyaksikan momen sunset dari tebing karang Uluwatu juga sekalian menikmati pertunjukan tari kecak.

Dikutip dari situs , kecak adalah pertunjukan drama-tari yang menceritakan Ramayana dan utamanya dimainkan oleh laki-laki.

Para penari laki-laki duduk melingkar dan menyerukam “cak” sambil mengangkat kedua lengannya. Hal itu menggambarkan salah satu peristiwa dalam Ramayana, ketika barisan kera membantu Rama melawan Rahmana.

3. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran di Kabupaten Badung juga populer sebagai tempat melihat sunset di Bali, terutama jika wisatawan ingin menikmati keindahan panoramanya sambil menyantap makanan laut.

Menikmati makan malam di Jimbaran juga memberi kesan romantis bagi para pasangan, sehingga kerap dijadikan destinasi bulan madu.

4. Pantai Melasti

Pantai Melasti di Desa Ungasan juga cocok dijadikan tempat melihat sunset di Bali. Di sini, wisatawan bisa menikmati panorama matahari tenggelam di balik tebing kapur.

Dikutip dari (01/04/2022), untuk tiba di bibir pantai yang berpasir putih, wisatawan harus melewati tebing-tebing kapur tersebut terlebih dahulu.

Eksotisme pemandangan di Pantai Melasti juga membuatnya jadi tempat foto prewedding bagi banyak pasangan.

5. Canggu

Jika mencari tempat melihat sunset di Bali sekaligus destinasi untuk berpesta, pergi ke kawasan Canggu bisa menjadi pilihan.

Beberapa beach club populer yang bisa dikunjungi seperti The Lawn, Finns Beach Club, La Brisa, dan lainnya.

Biasanya, para pemburu sunset datang sekitar pukul 16.30-17.00 untuk bersantai sejenak sembari memesan makanan dan minuman. Kemudian, menyantap pesanan sambil menanti momen sunset dan menikmati lantunan musik.

6. Pura Lempuyang

Keindahan panorama sunset di Pura Lempuyang atau Pura Penataran Agung Lempuyang juga menjadi buruan para wisatawan.

Lokasinya di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Dikutip dari (16/08/2022), wisatawan yang datang untuk menikmati sunset biasa berfoto di gerbang atau Candi Bentar yang ada di Pura Lempuyang.

Panoramanya begitu sempurna, hingga tempat tersebut dijuluki “Gates of Heaven” atau gerbang surga.

Namun, wisatawan yang ingin melihat keindahan panorama tersebut harus sedikit berjuang. Sebab, dikutip dari (11/07/2019), pura ini terletak di puncak Gunung Lempuyang atau puncak Bukit Bisbis

Untuk mencapai ke puncak, wisatawan harus mendaki sejumlah 1.700 anak tangga atau lebih kurang 1 kilometer dari pelataran pura.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News