customer.co.id – PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) telah memperbaiki sejumlah titik rel kereta api yang sempat amblas di Kabupaten Cilacap , Jawa Tengah. Saat ini perjalanan kereta api sudah normal kembali.

“Sejak pukul 12.00 seluruh titik gangguan sudah diperbaiki dan berhasil dilalui oleh kereta api dengan kecepatan terbatas sehingga perjalanan kereta api mulai kembali normal,” kata VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (8/10/2022).

Joni menjelaskan, jalur kereta api yang amblas itu berada di antara Stasiun Jeruklegi dan Stasiun Kawunganten, serta di antara Stasiun Sikampuh dan Stasiun Maos, Cilacap.

Hujan deras yang terus turun pada Jumat (7/10/2022), lanjutnya, menyebabkan amblasnya rel di lima titik sejak Sabtu (8/10/2022) dini hari. Akibatnya badan rel terbawa oleh arus air, sehingga jalan rel tidak dapat dilalui kereta.

Meski jalur sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, kepadatan masih terjadi dan secara bertahap akan terurai.

Ia menyampaikan, KAI akan terus melakukan normalisasi pada titik-titik tersebut hingga dapat dilalui kembali dengan kecepatan normal.

Adapun sejumlah perbaikan yang dilakukan, antara lain berupa penambahan ballast, pemadatan jalur, penggunaan pasir dan bantalan kayu, serta berbagai langkah lainnya untuk menormalkan kembali jalur kereta api.

“KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” tuturnya.

Kompensasi pengembalian bea tiket bagi pelanggan yang terdampak

Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI juga memberikan pengembalian bea tiket hingga 100 persen bagi pelanggan yang terdampak.

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, e-mail [email protected], atau media sosial KAI121.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News