customer.co.id – elaga Dringo di Kabupaten Banjarnegara , Jawa Tengah, bisa jadi alternatif tempat wisata untuk dikunjungi saat kamu berwisata di Dataran Tinggi Dieng.

Tempat wisata ini lokasinya cukup terpisah dari Dieng, sehingga termasuk wisata antimainstream.

Berbeda dengan tempat wisata, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna yang bisa dibilang mainstream karena biasa dikunjungi wisatawan di Dataran Tinggi Dieng.

Kompas.com sempat berkunjung dan menyaksikan langsung keindahan Telaga Dringo pada Jumat (16/9/2022).

Telaga di ketinggian sekitar 2022 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki pemandangan indah.

Memandang ke arah selatan, Telaga Dringo akan tampak berada di atas awan. Jika dilihat dari sisi barat, latar belakang perbukitan Dieng membuatnya tampak seperti Ranu Kumbolo di Gunung Semeru.

Rute ke Telaga Dringo, Ranu Kumbolo Jawa Tengah

Telaga Dringo tepatnya berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dari Dieng, jarak tempuh menuju Telaga Dringo adalah sekitar 9 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

Dari Tugu Selamat Datang di Dieng, kamu tinggal berkendara menyusuri jalan utama menuju Terminal Aswatama.

Selanjutnya, lurus terus ke arah barat menyusuri jalan utama Wanayasa-Dieng. Nantinya, jalan akan bercabang menjadi dua. Ambil percabangan sebelah kanan, masuk ke Jalan Kepakisan.

Kemudian, cukup ikuti jalan utama menyusuri hamparan perbukitan. Kamu juga akan melintas di samping instalasi pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTB) yang begitu besar dan mengeluarkan asap.

Lurus terus sampai Desa Pekasiran. Nantinya, akan ada plang petunjuk jalan ke kanan menuju Telaga Dringo.

Belok kanan tinggalkan jalan utama dan ikuti jalan aspal yang membelah perbukitan. Di beberapa titik, jalan cukup menanjak, sehingga perlu diwaspadai.

Satu hal yang menarik adalah, saat perjalanan kamu akan melintas di samping kawah aktif yang mengeluarkan asap, yakni Kawah Candradimuka.

Terus lurus sampai pertigaan, kemudian belok kiri. Tak lama kemudian, perjalanan pun sampai di Telaga Dringo.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”