customer.co.idJakarta, CNBC Indonesia – Bursa saham Eropa kompak berada di zona hijau pada sesi awal perdagangan Senin (12/9/2022), mengekor bursa saham Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu dan bursa saham Asia Pasifik hari ini.

Indeks Stoxx 600 di awal sesi terapresiasi 0,22% ke 421,32, di mana saham sumber daya alam melesat 1,2% dan menjadi pemimpin kenaikan sektor. Mayoritas indeks saham berada di zona positif. Namun, saham emiten kesehatan tergelincir 0,4%.

Hal serupa terjadi pada indeks DAX Jerman naik 0,7% ke 13.180,34 dan indeks CAC Prancis tumbuh 0,28% ke posisi 6.230,23. Sedangkan indeks FTSE juga terapresiasi 0,33% ke 7.374,17.

Investor global masih menanti rilis Indeks Harga Konsumen (IHK) AS per Agustus 2022 yang dijadwalkan akan dirilis pada Selasa (13/9).

Data tersebut menjadi data ekonomi yang terakhir untuk dijadikan masukan oleh bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) sebelum pertemuannya bulan ini, di mana The Fed diprediksikan akan menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 75 basis poin (bps) untuk meredam inflasi yang melonjak.

Ketua The Fed Jerome Powell telah memberikan pidatonya yang agresif bahwa ia dan rekan-rekan berkomitmen untuk membawa inflasi turun.

Kontrak berjangka (futures) indeks bursa AS bergerak stagnan hari ini, sedangkan bursa saham di Asia Pasifik cenderung menguat karena bursa saham di China, Hong Kong, dan Korea Selatan libur.

TIM RISET CNBC INDONESIA

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News