customer.co.id – Kanker tulang adalah istilah untuk beberapa jenis kanker berbeda yang berkembang pada tulang.

Pada saat sel-sel kanker tumbuh di tulang, hal tersebut dapat merusak jaringan tulang normal. Jenis sel dan jaringan tempat kanker dimulai menentukan jenis kanker tulang .

Kanker yang terbentuk di tulang itu sendiri disebut kanker tulang primer.

Banyak tumor yang dimulai pada organ atau bagian tubuh lainnya yang juga dapat menyebar ke tulang, serta bagian tubuh lainnya.

Pertumbuhan ini disebut kanker tulang sekunder atau metastatik.

Tumor payudara, prostat, dan paru-paru paling sering bermetastasis (menyebar) ke tulang.

Seberapa umumkah kanker tulang ?Kanker tulang jarang terjadi. Kasus kanker tulang contohnya hanya kurang dari 1 persen dari kanker di Amerika Serikat.

Meskipun mereka dapat berkembang pada usia berapa pun, mereka lebih sering terjadi pada anak-anak, remaja dan dewasa muda daripada pada orang lanjut usia (lansia).

Bagaimana awal terbentuknya kanker tulang ?Itu tergantung pada jenis kanker tulang yang Anda miliki. Ada empat jenis kanker tulang primer:

1. OsteosarcomaJenis kanker tulang yang paling umum, osteosarcoma berkembang di sel-sel di mana jaringan tulang baru terbentuk.

Ini bisa dimulai di tulang mana pun, tetapi biasanya dimulai di ujung tulang besar seperti lengan dan kaki. Dokter paling sering mendiagnosis osteosarcoma pada anak-anak dan remaja.

2.Sarkoma EwingDinamakan untuk dokter yang pertama kali menggambarkan jenis kanker tulang ini.

Sarkoma Ewing mencakup banyak tumor berbeda yang memiliki kualitas serupa dan diyakini bermula pada jenis sel yang sama.

Tumor ini dapat terbentuk di tulang dan jaringan lunak di sekitarnya. Sarkoma Ewing paling sering tumbuh di pinggul, tulang rusuk dan tulang belikat, atau pada tulang panjang seperti kaki.

3. ChondrosarcomaChondrosarcoma dimulai di jaringan yang disebut tulang rawan. Tulang rawan adalah jaringan ikat lunak yang memungkinkan pergerakan antara tulang dan sendi.

Beberapa tulang rawan menjadi tulang ketika tubuh menambahkan kalsium ke dalamnya. Kanker ini biasanya terbentuk di lengan, kaki atau tulang panggul.

Tidak seperti osteosarcoma dan sarkoma Ewing, chondrosarcoma lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada pada orang yang lebih muda.

4. ChordomaTumor langka ini dimulai di tulang belakang biasanya didasar tulang belakang atau dasar tengkorak.

Seperti chondrosarcoma, chordoma paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua atau lansia. Pria lebih mungkin dibandingkan wanita untuk mengembangkan jenis kanker tulang .

Demikian paparan mengenai definisi kanker tulang , seberapa umum hal tersebut terjadi, dan jenis-jenis kanker tulang .***

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News