Cruise control adalah sebuah fitur canggih yang terdapat pada mobil keluaran terbaru saat ini. Fitur ini juga dikenal dengan nama lain, seperti speed control, autocruise, active cruise control, intelligent cruise control, dynamic radar cruise control, active cruise control, dan distronic plus.

Buat kamu yang masih penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh mengenai apa itu cruise control, kegunaan cruise control dan cara penggunannya, simak ulasan artikel ini sampai habis, ya

Pengertian cruise control

Cruise control adalah sebuah fitur canggih memungkinkan pengemudi untuk menyetel mobil pada kecepatan tertentu dan melepaskan kaki dari pedal akselerator. 

Kehadiran fitur canggih ini dalam dunia otomotif bisa dikatakan cukup memanjakan dan membuat nyaman pengemudi. 

Sebab, pengemudi tinggal mengaktifkan dan mengatur dengan batasan kecepatan tertentu sehingga mobil bisa melaju dengan stabil tanpa perlu menginjak pedal gas. Kaki pun jadi tidak terlalu pegal akibat terlalu lama menginjak pedal gas. 

Fitur ini sangat cocok digunakan saat ingin menempuh perjalanan dengan jarak jauh. Selain itu, cruise control ini juga dapat menghemat bahan bakar karena mobil melaju dalam kecepatan tetap. 

Perlu diingat, meskipun kecepatan mobil sudah diatur secara otomatis, bukan berarti kamu tidak menghiraukannya begitu saja. Kamu tetap harus berkonsentrasi dengan keadaan di depan. 

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada pengemudi lain yang mendahului atau muncul dari arah yang berlawanan. 

Adaptive cruise control 

Perkembangan dari teknologi cruise control mobil adalah munculnya Adaptive Cruise Control yang diklaim lebih canggih. Bedanya adaptive cruise control adalah fitur ini bisa menyesuaikan kecepatan mobil dengan kondisi lalu lintas. 

Selain membebaskan pengemudi dari pedal gas, fitur ini juga membebaskan pengemudi dari rem. Namun, tetap ada batasan kecepatan maksimal dan minimal untuk bisa mengaktifkan fitur adaptive cruise control ini

Fungsi cruise control

Adapun fungsi cruise control pada mobil adalah untuk mengatur kecepatan mobil tanpa perlu menginjak pedal gas. Namun, ada kecepatan maksimal dan minimal untuk bisa mengaktifkan fitur ini. 

Dapat dikatakan bahwa dengan adanya fitur cruise control ini, mobil berjalan secara semi otomatis yang bermanfaat jika kamu melakukan perjalanan jauh dan jalanan yang cukup monoton seperti di tol.

Daftar mobil dengan adaptive cruise control

Sayangnya, di Indonesia sendiri belum banyak mobil yang dilengkapi dengan fitur ini. Hanya ada beberapa mobil yang menggunakannya dan biasanya harganya pun cukup tinggi.

Adapun mobil yang dilengkapi cruise control adalah sebagai berikut. 

Cara kerja cruise control 

Saat mengemudi untuk jarak tempuh yang sangat jauh dan waktu yang lama pastinya cukup membuat kaki kamu lelah karena harus terus menginjak pedal gas. Itulah mengapa, fitur cruise control hadir sebagai solusi untuk membantu mengurangi rasa lelah saat berkendara jarak jauh dan waktu yang lama. 

Fitur cruise control ini menggunakan aktuator untuk mengontrol throttle dan membantu mobil kamu agar dapat melaju dalam kecepatan yang sama. Lantas, bagaimana sih cara kerja cruise control ini? 

Adapun cara kerja cruise control adalah dengan menghubungkan fitur ini dengan akselerator melalui kabel untuk menjaga pedal gas pada posisi tertentu. Gunanya adalah untuk menjaga kestabilan mobil agar tetap berada pada batasan kecepatan yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Sementara itu, sistem elektronik yang terdapat pada mobil akan mengatur kecepatan dengan menggunakan berbagai sensor dan kontrol throttle untuk mengoperasikan fitur tersebut melalui sistem nirkabel.

Bahkan, teknologi terbaru dari fitur ini dapat menyesuaikan kecepatan berdasarkan seberapa cepat kendaraan di depan melaju dan menjaga jarak agar tetap aman secara otomatis. 

Cara menggunakan cruise control

Untuk mengaktifkan fitur cruise control ini, pertama kamu harus memacu mobil sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Misalnya  sesuai batas kecepatan minimum di jalan tol, yakni 60 km/jam. 

Kemudian, tekan tombol Cruise Control dan SET bersamaan untuk mengaktifkannya. Jika sudah aktif, mobil akan melaju dalam batas kecepatan yang sudah ditentukan. 

Untuk menonaktifkannya, kamu tinggal menekan tombol SET lagi atau menginjak pedal rem. Fitur cruise control secara otomatis akan berhenti dan kontrol kecepatan mobil akan kembali ke kaki kanan kamu. 

Adapun beberapa tombol dasar yang digunakan untuk mengoperasikan cruise control adalah sebagai berikut. 

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan cruise control . Kamu bisa melihat apakah fitur sudah aktif atau belum di dashboard mobil.  

Tekan tombol ini jika kamu ingin meningkatkan kecepatan mobil. Setiap kali kamu menekan tombol ini, mobil akan berakselerasi 1 mph.

Kamu juga bisa menggunakan tombol ini untuk melanjutkan kecepatan yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Tombol ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan yang sudah ditentukan sebelumnya. Setiap kali kamu menekan tombol ini, kecepatan mobil akan berkurang 1 mph. 

Selain menginjak pedal rem, kamu juga bisa menekan tombol Cancel jika  ingin menonaktifkan fitur cruise control.

Tombol dasar ini biasanya terletak di sisi kanan setir mobil. Namun, setiap mobil memiliki desain yang berbeda-beda. 

Jadi, bisa saja tombol ini terletak di posisi yang berbeda. Akan tetapi, fungsi yang dimiliki biasanya sama saja. 

Hal-hal penting sebelum menggunakan cruise control

Fitur cruise control memang menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk pengemudi, terutama ketika berkendara jarak jauh.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan cruise control yakni sebagai berikut. 

Kenali jenis cruise control yang digunakan

Tak hanya cruise control saja, sebagian mobil ada yang menggunakan cruise control dengan versi yang lebih canggih, yaitu adaptive cruise control

Fitur ini tidak hanya dapat mengatur kecepatan mobil sesuai batasan yang sudah ditentukan, tetapi juga dapat mempersiapkan pengereman ketika jarak antar mobil terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman. 

Tetap berkonsentrasi pada jalan

Meskipun kecepatan mobil sudah diatur menggunakan fitur cruise control, tetapi bukan berarti kamu jadi tidak menghiraukan jalanan begitu saja. Sebab, ada kemungkinan pengemudi lain yang mendahului kamu atau muncul dari arah yang berlawanan. 

Selain itu, segera nonaktifkan cruise control ketika jalanan mulai padat untuk memudahkan kamu dalam mengendalikan mobil. 

Gunakan saat di jalan tol

Jalanan yang tepat untuk mengaktifkan fitur cruise control adalah jalan bebas hambatan atau tol. Sebab, jalan ini sangat lengang dan panjang sehingga kamu bisa sedikit bersantai dan kaki juga bisa istirahat sejenak dari pedal. 

Apakah bisa digunakan di jalan raya biasa? Bisa saja, dengan syarat kondisi jalanan sepi dan tidak banyak kendaraan lain maupun pejalan kaki. 

Namun, biasanya hanya digunakan sebentar karena akan sering bertemu persimpangan. Oleh karena itu, jalanan yang tepat untuk cruise control adalah jalan tol. 

Jangan aktifkan cruise control saat hujan

Ketika hujan jalanan akan menjadi basah dan licin. Mengaktifkan cruise control dengan kondisi jalan seperti ini akan sangat berbahaya. 

Mobil bisa saja melintir dan mengakibatkan kecelakaan atau tabrakan. Maka dari itu, pastikan kamu sudah memahami pengoperasian fitur ini sebelum menggunakannya.

Selain jalanan licin, sebaiknya kamu juga tidak mengaktifkan cruise control di jalanan yang menanjak dan terjal karena besar risiko terjadinya kecelakaan. 

Pahami fungsi tombol dan simbolnya

Setiap mobil yang dilengkapi fitur control cruise memiliki beberapa tombol dengan simbol dan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan cruise control, mengurangi dan menambah kecepatan, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui arti simbol dan fungsi dari setiap tombol yang tersedia sebelum mengoperasikannya. 

Itulah beberapa informasi mengenai cruise control yang penting untuk kamu ketahui. Meskipun memberikan kenyamanan dan kemudahan saat berkendara jarak jauh, tapi pastikan kamu memperhatikan beberapa hal penting sebelum menggunakan fitur ini.

Sejumlah ahli sebenarnya kurang merekomendasikan fitur ini dipakai di jalanan di Indonesia karena kondisi jalan yang kurang baik dan lalu lintas yang semrawut. Jadi, pastikan kondisi jalan sedang lancar saat menggunakan fitur ini, ya.  

Tips dari Lifepal! Selain tetap konsentrasi di jalana dan melakukan servis rutin, jangan sampai lupa mempersiapkan proteksi inansial dengan asuransi mobil, ya. 

Supaya kantong tidak jebol karena kejadian tidak terduga, gunakan asuransi mobil yang dapat meng-cover biaya perbaikan dan perawatan mobil di bengkel. 

Gunakan perlindungan finansial dari asuransi mobil terbaik 

Semakin hari, fitur keamanan kendaraan semakin canggih saja, ya. Tetapi hal itu tidak bisa menghilangkan sama sekali resiko di jalan. Jadi, tetap hati-hati, ya

Nah, untuk memberikan perlindungan finansial akibat resiko kecelakaan di jalan, kamu perlu nih untuk mengasuransikan kendaraan roda empat kamu dengan asuransi mobil terbaik. 

Asuransi adalah salah satu solusi untuk mengontrol risiko pengeluaran berlebih, baik dari segi pengeluaran kesehatan, perjalanan, bisnis, karyawan, aset, rumah atau properti, maupun kendaraan hingga pendidikan, kredit, dan pertanian. 

Lifepal merupakan platform asuransi online yang dapat membantu kamu menemukan beragam produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan menggunakan Kuis Asuransi Mobil di bawah ini. 

Kemudian, hitung perkiraan biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan dengan Kalkulator Premi Asuransi Mobil dari Lifepal. 

Pertanyaan seputar cruise control

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News