Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam cara merawat mobil diesel khususnya yang modern, yaitu keadaan oli mesin. 

Sebab, kerja mesin diesel ini cukup terjadi lebih keras akibat adanya rasio kompresi yang cukup tinggi dengan turbo yang juga menghasilkan tenaga dan suhu yang tinggi pula alam ruang mesin.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa mengetahui cara merawat mobil diesel  menjadi hal penting untuk dilakukan. Namun perlu diketahui, merawat mesin diesel tentunya akan berbeda-beda setiap tipe mobilnya karena karakteristik mesin yang dimilikinya juga akan berbeda.

Jika kamu sedang mencari cara merawat mobil diesel yang tepat baik secara umum atau sesuai dengan tipe mobil yang dimiliki, maka simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Cara merawat mobil diesel agar mesinnya optimal

Secara umum, ada beberapa cara merawat mesin diesel yang mudah untuk dilakukan namun tetap efektif untuk membantu kinerja mesin agar tetap berjalan dengan optimal. Sebab, merawat mobil diesel tentu akan berbeda dengan jenis mobil bensin.

Jadi, agar menjaga mesin tetap dalam kondisi yang prima, berikut adalah beberapa cara merawat mobil diesel yang harus diperhatikan dan rutin untuk dilakukan, diantaranya adalah:

1. Rutin memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan

Cara merawat mesin diesel yang paling utama adalah dengan memanaskannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

Tujuannya adalah agar oli di dalam mesin dapat melakukan sirkulasi terlebih dahulu sehingga mampu untuk menjalankan fungsinya untuk melumasi setiap komponen di mesin secara optimal. Cukup memanaskan mesin 5-10 menit saja sebelum mobil digunakan.

Lalu setelah itu, biarkan mesin tetap dalam kondisi menyala atau idle selama 1 menit sebelum akhirnya dimatikan untuk menghindari kondisi ekstrim terutama pada komponen turbo.

2. Pastikan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai

Cara merawat mobil diesel yang kedua yaitu adalah dengan selalu memastikan mobil untuk hanya menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrik. Sebab, setiap jenis bahan bakar umumnya memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Mobil diesel sangat cocok dengan bahan bakar yang memiliki kandungan cetane tinggi namun dengan sulfur yang rendah untuk membuatnya bekerja dengan optimal. 

Oleh sebab itu, bahan akar yang tidak tepat akan menyebabkan distribusinya di dalam mesin menjadi terganggu sehingga tentu performa kendaraan akan semakin mengalami penurunan, begitu pula dengan usia mesinnya.

3. Gunakan jenis oli yang tepat

Oli merupakan bagian penting di dalam mesin untuk membantunya agar bisa bekerja secara baik dan optimal. Sebab, penting untuk diketahui bahwa oli pada mesin diesel memiliki karakteristik yang berbeda dengan oli pada mesin bensin. 

Pada mesin diesel, oli yang selalu digunakan memiliki karakteristik temperatur yang tinggi sehingga harus lebih kental dibandingkan dengan jenis mobil bensin. Jadi, pastikan untuk memilih oli yang sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil yang telah tersedia.

4. Rutin ganti oli dan filter bahan bakar

Cara merawat mesin diesel yang terbukti efektif lainnya yaitu adalah dengan rutin mengganti oli dan filter bahan bakar secara berkala.

Dimana, ganti oli mesin diesel ini dianjurkan setiap 6 bulan sekali untuk menjaga kondisinya agar tetap prima.

Sedangkan, filter bahan bakar juga rutin untuk diganti saat mulai kotor dan tersumbat. Sebab, filter bahan bakar ini memiliki fungsi untuk menyaring kandungan air dan kotoran yang ada di dalam bahan bakar dan dapat menjadi penyebab terjadinya pembakaran yang tidak sempurna.

Jangan khawatir, akan ada lampu peringatan yang menyala di bagian panel instrumen mobil saat mesin sudah merasa filter bahan bakar ini sudah sangat kotor sehingga harus segera dibersihkan atau diganti dengan yang baru.

5. Membersihkan filter udara secara berkala

Sama halnya dengan mengganti filter bahan bakar, membersihkan filter udara secara berkala juga sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini mengingat filter udara berfungsi untuk menyaring udara serta debu dan kotoran yang terbawa angin ke dalam ruang bakar.

Jika rutin dijaga kebersihannya, maka akan sangat membantu untuk menjaga performa mesin agar dapat bekerja secara optimal.

Namun, jika dibiarkan begitu saja, maka penumpukan kotoran dan debu pada komponen ini akan menyebabkan pembakaran yang dilakukan menjadi tidak lagi maksimal.

Cara merawat mobil diesel

Selain mengetahui cara merawat mobil diesel secara umum, maka ada beberapa tips khusus untuk berbagai jenis mobil diesel yang kamu miliki. 

Sebab, setiap mobil memiliki karakteristik mesin yang berbeda sehingga ada beberapa cara perawatannya yang juga mengalami perbedaan, beberapa diantaranya yang dapat kamu catat antara lain adalah:

Perawatan Innova diesel

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatan Innova diesel yaitu kondisi filter solar dan juga filter oli.

Sebab, kedua komponen ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mempertahankan kinerja mesin pada jenis kendaraan tersebut.

Pada perawatan Innova diesel khususnya produksi terbaru, teknologi mesin yang digunakan adalah diesel common-rail. 

Tipe ini membutuhkan bahan bakar dengan kabar cetane yang lebih tinggi. Namun banyak daerah yang hanya menyediakan bio solar saja sehingga hal ini tentu akan memberikan pengaruh langsung pada filter bahan bakar. 

Oleh sebab itu, penting untuk mengganti filter solar dan filter oli setidaknya setiap jarak tempuh mobil telah mencapai 10.000 km.

Akan tetapi, jika pemakaian oli sudah full synthetic, maka penggantian ini disarankan ketika jarak tempuh sudah berada pada kisaran 5.000-6000 km.

Cara merawat mobil diesel Mitsubishi Kuda

Perawatan Mitsubishi Kuda diesel sama seperti cara merawat mobil diesel pada umumnya. Salah satu yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan memanaskan mesin selama 5-10 menit sebelum mobil hendak digunakan.

Tujuannya tidak lain adalah agar pelumas dapat melindungi setiap komponen mesin di sekitarnya agar dapat bekerja dengan optimal.

Pastikan untuk tidak terlalu lama saat memanaskan mobil sebab gas buang knalpot yang dihasilkan cukup berbahaya untuk kesehatan.

Selain itu, pastikan juga untuk filter solar dan filter udara pada mesin selalu bersih karena keduanya merupakan bagian penting dari jenis mobil Mitsubishi Kuda diesel untuk dapat bergerak dengan optimal.

Cara merawat mobil diesel Panther

Cara merawat mobil diesel Panther agar tetap menjaga mesinnya dapat bekerja secara optimal dan awet. Hal ini tentu membuatnya dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Beberapa cara merawat mobil diesel Panther yaitu mulai dari rutin memanaskan mobil, menghindari mematikan mesin mobil secara tiba-tiba, jangan biarkan bahan bakar habis, hanya menggunakan oli yang berkualitas serta pastikan untuk rutin mengganti filter bahan bakar.

Tips dari Lifepal! Mengetahui cara merawat mobil diesel menjadi hal penting untuk dilakukan. Sebab, mobil hanya dapat bekerja secara optimal jika memiliki mesin yang selalu prima dan hal ini hanya dapat diwujudkan dengan melakukan perawatan secara rutin.

Beberapa cara merawat mobil diesel ini bisa dengan rutin memanaskan mesin mobil sebentar saat hendak digunakan serta rutin membersihkan filter udara dan mengganti oli serta filter bahan bakar kendaraan.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar cara merawat mobil diesel

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News