Kita selalu ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Termasuk soal perlindungan kesehatan. Di sini pentingnya paket asuransi kesehatan keluarga. 

Bagi yang berencana untuk memberikan asuransi kesehatan kepada suami atau istri, anak hingga orang tua tapi masih bingung memilih produk yang cocok, membeli paket asuransi keluarga bisa menjadi pilihan.

Tertarik tapi masih ragu atau bingung dengan asuransi kesehatan? Berikut sejumlah keunggulan membeli produk paket asuransi kesehatan keluarga.

Tips memilih paket asuransi kesehatan keluarga terbaik

Diperlukan pertimbangan agar kamu bisa memilih paket asuransi kesehatan keluarga terbaik. Berikut ini tips memilihnya.

1. Pilih manfaat dasar 

Paket asuransi kesehatan keluarga harus menjangkau manfaat dasar seperti: rawat jalan dan rawat inap. 

Bila memang dirasa dibutuhkan untuk perlindungan bedah juga bisa disertakan tapi sesuaikan lagi pada kemampuan ekonomi ya. Jangan sampai membayar lebih tapi pos pengeluaran lain jadi terbengkalai.

Paling baik jika ditambahkan manfaatnya sejalan dengan kenaikan penghasilan atau pemasukan. Sehingga tidak harus  mengorbankan pos kebutuhan lain.

2. Beli asuransi saat sehat 

Prinsip asuransi adalah melindungi saat terjadi resiko, jadi sangat dianjurkan membeli asuransi kesehatan khususnya untuk keluarga dalam kondisi sehat. Ini untuk mengantisipasi kondisi ketika tidak memiliki uang.

3. Layanan call center atau agen 

Lewat layanan tersebut, kita akan dimudahkan dalam urusan klaim atau polis yang memang harus ditanyakan. Sehingga arti kehadiran perusahaan asuransi sangat terasa bagi kita di segala situasi.

4. Jaringan rumah sakit 

Makin banyak rumah sakit yang bekerjasama semakin baik karena kita akan terlayani dengan maksimal. Paling bagus jika asuransi kesehatan keluarga yang dipilih menjangkau jaringan rumah sakit dekat dengan rumah kita.

Semakin luas jaringan rumah sakit yang bekerjasama dengan asuransi kesehatan semakin bagus karena semakin banyak pilihan.

5. Bandingkan dan pastikan diawasi oleh OJK 

Sebagaimana membeli barang atau produk kita selalu membandingkannya dengan produk lain. Begitu juga dengan membeli paket asuransi kesehatan keluarga bandingkan dengan produk asuransi lain, pilih yang memang penawarannya lebih menarik dan layanan lebih prima.

Pastikan juga kalau pilihan mu terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini menandakan kalau perusahaan asuransi tersebut melakukan tata kelola yang baik.

Semakin jelaskan tentang asuransi kesehatan keluarga, semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk memutuskan produk yang cocok ya. Jika ada pertanyaan seputar asuransi dan produk terbaiknya, sila cek laman asuransi.

6. Sesuaikan dengan kebutuhan

Coba perhatikan setiap produk asuransi kesehatan untuk keluarga yang tersedia. Apakah manfaat yang diberikan sesuai kebutuhan?

Misalnya, kalau kamu sedang merencanakan akan punya anak lagi tapi belum bisa dipastikan kapan anak tersebut akan lahir, maka ada baiknya cari asuransi yang fleksibel untuk menambah anggota keluarga baru.

Kemudian, pikirkan juga mengenai bujet yang ada. Kalau bujetmu terbatas, carilah pilihan asuransi kesehatan keluarga premi murah.

Apa itu paket asuransi kesehatan keluarga? 

Sesuai namanya, asuransi kesehatan keluarga adalah polis asuransi yang menanggung biaya kesehatan untuk anggota keluarga. 

Polis asuransi ini bukan dimiliki atas nama satu individu saja, melainkan setiap anggota keluarga. Kebanyakan polis asuransi kesehatan keluarga bisa menanggung hingga lima anggota keluarga. 

Polis pada asuransi ini memang hanya satu. Akan tetapi, premi asuransi kesehatan untuk keluarga berbeda-beda bagi setiap anggota. Misalnya, biaya premi untuk orang tua akan lebih tinggi daripada biaya premi untuk anak. 

Salah satu ketentuan utama pada asuransi kesehatan keluarga adalah jumlah anggota keluarga yang ditanggung, yaitu maksimal lima orang.

Selain itu, polis akan langsung berakhir apabila salah satu anggota keluarga tertua telah mencapai usia maksimum pertanggungan asuransi, tapi batas usia anak tidak ditentukan.

Rekomendasi asuransi kesehatan keluarga terbaik

Ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menyediakan paket asuransi kesehatan keluarga. Berikut ini beberapa rekomendasi asuransi kesehatan keluarga terbaik

1. Asuransi kesehatan paket keluarga Manulife

Manulife MiUltimate HealthCare menyediakan paket untuk keluarga. Nasabah utama yang mengambil paket ini harus berusia antara 18-70 tahun. Sementara, usia masuk nasabah anak adalah 30 hari sampai dengan 17 tahun. 

Cakupan manfaat pertanggungan pada asuransi kesehatan paket keluarga dari Manulife meliputi rawat inap, biaya ICU, biaya kunjungan dokter spesialis, biaya pembedahan, biaya penyuluhan psikologis, biaya akomodasi pendamping, dan lainnya. 

2. Asuransi kesehatan keluarga AXA Mandiri

Rekomendasi asuransi kesehatan keluarga terbaik berikutnya ada dari AXA Mandiri. Nama polisnya adalah AXA Mandiri Smartcare Executive.

Premi asuransi kesehatan keluarga AXA Mandiri tergolong murah, mulai dari Rp598 ribu saja per bulan untuk 4 anggota keluarga. Masa tunggunya selama 30 hari. 

Manfaat pertanggungan dari paket ini meliputi biaya rawat inap, biaya rawat jalan, biaya ambulans, dan santunan meninggal dunia. Salah satu kelebihan asuransi kesehatan keluarga dari AXA Mandiri adalah manfaat asuransi kesehatan dan asuransi kematian sekaligus. 

3. Asuransi kesehatan keluarga Cigna

Cigna Family Care Optima juga memiliki harga premi yang cukup terjangkau. Premi asuransi kesehatan keluarga Cigna adalah Rp690 ribu per bulan untuk 4 orang anggota keluarga. 

Usia nasabah utama haruslah ada pada rentang 20-60 tahun. Sementara, usia nasabah pasangan adalah 18-60 tahun dan usia nasabah anak mulai dari 6 bulan sampai 17 tahun. 

Asuransi ini menyediakan fitur klaim cashless yang bisa digunakan di 800 rumah sakit di Indonesia. Limitnya sekitar Rp100-400 juta dalam setahun. 

4. Asuransi kesehatan keluarga BRI Life

Nama polis untuk paket asuransi kesehatan keluarga ini adalah BRI Life Simply HealthCare. Besaran preminya mulai dari Rp1,2 juta per bulan untuk 4 anggota keluarga. 

Manfaat pertanggungan yang diberikan berupa santunan harian rawat inap, biaya ICU, biaya pembedahan, biaya aneka perawatan, biaya rawat jalan, konsultasi dokter online gratis, dan lain sebagainya. 

5. Asuransi Lippo Insurance

Polis asuransi kesehatan keluarga dari Lippo Insurance bernama HealthPlus Family. Premi asuransinya dimulai dari Rp1,5 juta untuk 4 anggota keluarga. 

Usia nasabah pemegang polis ini ada pada rentang 0-60 tahun. Tapi, polis ini nantinya tetap bisa diperpanjang hingga usia 65 tahun. 

Manfaat pertanggungan dari asuransi ini berupa pertanggungan rawat inap, perawatan gigi, rawat jalan, dan lain sebagainya.

Alasan memilih paket asuransi kesehatan keluarga

Berikut beberapa alasan mengapa lebih baik memilih paket asuransi kesehatan keluarga:

Perlindungan lengkap

Paket asuransi kesehatan keluarga umumnya mencakup seluruh perlindungan yang diberikan. Seperti: rawat jalan, rawat inap dan pembedahan. Fasilitas media yang diterima juga terbilang lengkap dan bisa diakses selama 24 jam.

Selain layanan yang sama dan dapat diakses anggota keluarga, paket asuransi keluarga juga memberikan perlindungan yang disesuaikan dengan kebutuhan anggota keluarga. 

Misalnya untuk seorang ibu dilindungi untuk pertanggungan biaya melahirkan atau seorang anak mendapat pertanggungan untuk biaya vaksin.

Sebagai informasi tambahan, perlindungan tersebut tergantung pada pilihan paket asuransi keluarga. Meski mengcover berbagai perlindungan tetapi ketahui pula manfaat yang akan diterima.

Paket asuransi kesehatan keluarga lebih murah

Pertanyaan yang cukup sering terlontar bagi yang berencana untuk membeli paket asuransi adalah premi yang dibayar apakah lebih murah. Jawabannya yakni tergantung pada pilihan perlindungan pada paket asuransi keluarga tersebut.

Misalnya saja, pilihan paket termasuk perlindungan terhadap penyakit kritis,  jaringan rumah sakit yang dipilih hingga jasa bantuan medis internasional

Meski begitu karena pembayaran premi bersifat satu pembayaran untuk semua polis. Tentu, ini lebih murah ketimbang membeli asuransi keluarga yang terpisah dari anggota keluarga lain.

Selain itu, sering kali perusahaan asuransi memberikan diskon atau benefit berbeda bagi mereka yang memilih untuk paket asuransi kesehatan keluarga. 

Tren perusahaan asuransi sekarang bahkan memberikan cashback bagi hingga pengembalian premi bagi yang tidak melakukan klaim asuransi selama dalam waktu tertentu.

Paket asuransi kesehatan keluarga lebih praktis 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membeli paket asuransi kesehatan memudahkan dalam urusan pembayaran. Jadi, urusan pembayaran lebih mudah.

Selain pembayaran, kepraktisan lainnya adalah secara administrasi tidak butuh banyak urusan. Biasanya dilakukan satu kali saja untuk administrasi polis. Sehingga memudahkan dalam memilih produk asuransi kesehatan untuk keluarga lagi.

Berencana untuk mengupgrade perlindungan atau penambahan manfaat anggota keluarga juga sangat praktis, tidak perlu mengurusnya satu-satu yang memakan waktu lama. 

Begitu juga saat mengurus klaim apabila dilakukan dengan cara online tentu akan lebih mudah pada satu perusahaan asuransi.

Bisa sesuaikan manfaat 

Karena asuransi kesehatan keluarga kebutuhannya berbeda-beda di setiap anggota keluarga, maka manfaat yang didapat juga bisa disesuaikan. 

Misalnya bila polis untuk orang tua memiliki perlindungan terhadap penyakit kritis semantara untuk anak dirasa tidak diperlukan untuk perlindungan penyakit kritis.

Contoh lain jika polis asuransi kesehatan ibu saat membelinya berencana untuk tak lagi memiliki anak karena sudah melakukan keluarga berencana, maka bisa disesuaikan dengan tidak perlu dengan perlindungan melahirkan.

Karena ditujukan untuk anggota keluarga jadi asuransi kesehatan keluarga ini bisa disesuaikan bila ingin justru memperbesar perlindungan pada manfaat tambahan atau asuransi rider.

Melindungi seluruh anggota keluarga

Sesuai dengan namanya asuransi kesehatan keluarga melindungi setiap anggota keluarga. Mulai dari: suami atau istri, anak dan orang tua tentu kepastian ini membuat kita lebih tenang dan aman dalam menjalani aktivitas.

Urusan ketahanan finansial juga terjamin dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga. Makanya, sangat cocok dimiliki untuk keluarga baru atau kamu yang masih atau harus menanggung biaya orang tua.

Apalagi biaya medis digadang-gadang mengalami kenaikan hingga 11 persen per tahun. Coba deh hitung menggunakan kalkulator inflasi berikut ini untuk mengetahui berapa biaya perawatan medis di tahun depan.

Meski telah memiliki BPJS Kesehatan tapi dengan perlindungan asuransi kesehatan bagi keluarga akan melengkapi ketahanan finansial dan kesehatan para anggota keluarganya.

Pertanyaan lain tentang paket asuransi kesehatan keluarga

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News