Makkah: Proses pemulangan jemaah haji Indonesia dari Makkah ke Tanah Air berlangsung sejak 15 sampai 29 Juli 2022. Mereka adalah jemaah yang diberangkatkan pada gelombang pertama yang tiba lebih dahulu di Madinah untuk menjalani ibadah arbain (salat 40 waktu).
 
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah juga segera memberangkatkan jemaah haji gelombang kedua menuju Madinah. Mereka adalah jemaah haji yang tiba di Jeddah lalu menuju Makkah untuk menjalani prosesi haji terlebih dahulu.
 
“Sejak 15 Juli, kita sudah memberangkatkan jemaah haji pulang ke Indonesia kurang lebih 38 kloter dengan sekitar 15 ribu jemaah. Besok, Kamis, 21 Juli 2022, kita akan mulai memberangkatkan jemaah menuju Madinah Al-Munawarah,” terang Kepala Daker Makkah, Mukhammad Khanif di Makkah, Rabu, 20 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keberangkatan jemaah akan menggunakan sarana transportasi bus antarkota. Khanif memastikan bus yang akan digunakan sudah siap. Bus yang disediakan dalam kondisi baik, dengan tahun keluaran paling lama tidak lebih dari lima tahun.
 
Pemberangkatan ke Madinah dimulai dengan jemaah yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 24 Embarkasi Jakarta–Pondok Gede (JKG). Mereka akan diberangkatkan pukul 07.00 dari Makkah dengan 393 orang.
 
“Besok dijadwalkan ada lima kloter yang diberangkatkan ke Madinah dengan total kurang lebih 1.932 jemaah,” ungkap dia.

Khanif mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan PPIH Daker Madinah terkait penempatan jemaah haji setibanya di Kota Nabi. Mereka sudah siap menyambut kedatangan jemaah. Seluruh prasarana termasuk hotel bagi jemaah juga telah disiapkan di seputaran Masjid Nabawi.
 
Sama dengan jemaah gelombang pertama yang juga pernah di Madinah, untuk gelombang kedua ini, Khanif mewanti-wanti agar mereka tidak merokok sembarangan. Apalagi di seputaran masjid Nabawi.
 
“Kita selalu sampaikan kepada jemaah terkait hal-hal yang dilarang misalnya terkait rokok dan ini kita sampaikan juga foto-foto pelanggaran biar jadi pembelajaran,” kata Khanif.
 
Selain itu, jemaah juga diminta tidak membawa apalagi membentangkan spanduk ataupun poster selama di Masjid Nabawi. Hal-hal yang bisa dinilai sebagai bentuk kemusyrikan juga dilarang.

Berikut jadwal keberangkatan jemaah dari Makkah ke Madinah:

  1. Kloter 24 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 24), berangkat dari hotel di Raudhah-Makkah pukul 07.00 WAS
  2. Kloter 8 Embarkasi Medan (MES 8), berangkat dari hotel di Raudhah-Makkah pukul 09.00 WAS
  3. Kloter 5 Embarkasi Aceh (BTJ 5), berangkat dari hotel di Raudhah-Makkah pukul 13.00 WAS
  4. Kloter 22 Embarkasi Solo (SOC 22), berangkat dari hotel di Jarwal-Makkah pukul 15.00 WAS
  5. Kloter 3 Embarkasi Makassar (UPG 3), berangkat dari hotel di Syisyah-Makkah pukul 17.00 WAS

 

(LDS)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News