customer.co.id – Artikel ini akan membahas tentang perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Namun sebelum itu, ada baiknya untuk memahami masing-masing pengertian dari keduanya.

Dilansir dari Jurnal Universitas Islam Indonesia, akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan bagi kepentingan pihak eksternal (luar). Pihak tersebut adalah pihak-pihak di luar manajemen perusahaan, contohnya adalah investor, kreditur, badan pemerintah, dan pihak luar lainnya.

Sedangkan akuntansi manajemen adalah data keuangan yang didapatkan dari sejumlah akuntansi manajerial. Singkatnya, akuntansi manajemen dapat melakukan identifikasi, pengukuran, analisis, dan laporan tersebut disampaikan ke manajer perusahaan.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya tentang perbedaan akuntansi keuangan dan manajemen.

Akuntansi keuangan adalah proses dalam pelaporan keuangan oleh akuntan dengan laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi dan untuk kepentingan pihak ketiga. Berikut pengertian akuntansi keuangan oleh para ahli dilansir laman resmi Universitas Medan Area:

Kieso dan Weygandt berpendapat bahwa akuntansi keuangan adalah rangkaian proses untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan secara menyeluruh dan digunakan untuk pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Sugiarto mengartikan akuntansi keuangan sebagai ilmu dalam akuntansi yang fokus menyusun laporan keuangan secara bertahap.

Martini menjelaskan bahwa akuntansi keuangan adalah akuntansi yang berorientasi terhadap pelaporan kepada pihak luar perusahaan.

Sebelum membahas tentang perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, berikut adalah pengertian akuntansi manajemen dari para ahli dikutip dari laman Universitas Medan Area.

Akuntansi manajemen adalah data keuangan yang didapatkan dari akuntansi manajerial yang kerap dipakai untuk kepentingan internal perusahaan.

Halim dan Supomo mengartikan akuntansi manajemen sebagai kegiatan yang dapat mewujudkan data atau informasi dalam bentuk data keuangan untuk manajemen perusahaan. Lebih lanjut keduanya menjelaskan bahwa akuntansi manajemen berfungsi untuk mengambil keputusan di perusahaan.

Berikut adalah perbedaan dari akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan:

Demikian informasi tentang perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News