Merdeka.com – Nama Menparekraf dan politikus Gerindra Sandiaga Uno memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden Pilpres 2024. Hal ini tergambar dalam survei Politika Research & Consulting (PRC).

Sandiaga memiliki elektabilitas sebesar 13,5 persen. Diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11 persen, serta Gubernur Jawa Ridwan Kamil 10,4 persen.

Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting Rio Prayogo menjelaskan, Sandiaga menjadi calon wakil presiden yang dipilih masyarakat karena sudah punya branding. Ingatan publik kepada Sandiaga sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019 lalu masih sangat kuat.

“Sandiaga Uno punya branding calon wakil presiden idola semua survei. Sandi diminati sebagai cawapres,” kata Rio saat pemaparan survei di Jakarta, Minggu (24/7).

“Karena memang Sandiaga mantan Paslon yang bertarung di Pilpres 2019 residu politik masyarakat masih terngiang sosok Sandiaga Uno,” jelasnya.

Sandiaga juga dinilai memiliki ketokohan yang disukai masyarakat, punya modal finansial yang bagus pula untuk maju di Pilpres. Hanya saja terhalang karena Gerindra memiliki sosok Ketua Umum Prabowo Subianto yang didorong maju sebagai capres.

“Sandiaga secara ketokohan bagus secara finansial bagus, tapi satu kamar dengan Prabowo,” kata Rio.

Sementara itu nama lain yang muncul dalam top of mind calon wakil presiden adalah Ganjar Pranowo 8,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,2 persen, Prabowo Subianto 3,6 persen, Erick Thohir 2,9 persen, Basuki Tjahaja Purnama 1,8 persen, Andika Perkasa 1,5 persen, Puan Maharani 1,5 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,2 persen, Ma’ruf Amin 1 persen, dan lainnya 3,5 persen.

Survei digelar pada 12 Juni-3 Juli 2022. Survei dilakukan dengan wawancara telepon terhadap 1200 responden yang dipilih secara acak. Margin of error survei kurang lebih 2,74 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [fik]

Baca juga:
Tarik Wisatawan, Sandiaga Uno Ingin Infrastruktur Labuan Bajo Berkelas Dunia
Sandiaga Uno Siap Berdialog dengan Pelaku Wisata Soal Tarif Taman Nasional Komodo
Sandiaga Sebut Kerajinan Tangan Bermanfaat untuk Pariwisata Ramah Lingkungan
Sandiaga Uno Optimis Ciptakan 1,1 Juta Lapangan Kerja Sektor Pariwisata & Ekraf
Strategi Sandiaga Uno Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata di Era Society 5.0
Survei Cawapres: Ridwan Kamil Unggul di Jabar, Sandiaga di Jateng, Khofifah di Jatim
Kunker ke Gorontalo, Sandiaga Bantu Pelatihan dan Strategi Promosi ke UMKM


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News