customer.co.id – Maskapai penerbangan BUMN PT Garuda Indonesia Tbk berhasil mencetak laba sebesar US$ 3,81 miliar atau setara dengan Rp 57,91 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.200 pada semester I 2022.

Menanggapi hal tersebut Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan jika hal itu adalah laba buku. Menurut dia kondisi ini terjadi karena adanya pembalikan liabilitas atau kewajiban karena disetujuinya perdamaian dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

“Garuda mencatatkan laba negatif signifikan tahun lalu. Hari ini ada berita Garuda cetak laba Rp 57 triliun sebenarnya laba buku karena ada pembalikan liabilitas setelah PKPU kemarin,” kata Tiko.

Meski demikian, Tiko mengatakan, langkah-langkah yang telah ditempuh untuk perbaikan perusahaan pelat merah itu berjalan dengan baik.

“Tapi artinya tahun ini insyaallah di 2022 yang bahasanya ember-ember bocornya Jiwasraya, Garuda itu moga-moga sudah selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, sejak pandemi COVID-19 2020 ekuitas Garuda per Desember 2021 negatif US$ 5,3 miliar.

Pada Desember 2020 tercatat laba bersih Garuda minus US$ 2,2 miliar, lalu pada Desember 2021 tercatat minus US$ 3,8 miliar. Lalu pada Maret laba masih tercatat minus US$ 1,36 miliar.

Per Juni 2022 Garuda membukukan laba bersih US$ 3,81 miliar. Irfan menjelaskan laba bersih ini diperoleh dari pendapatan restrukturisasi utang dengan disetujuinya perjanjian perdamaian dalam proses PKPU perseroan yang membuat ekuitas membaik jadi US$ 1,5 miliar.

Sementara pada laporan keuangan tahunan 2021, Garuda Indonesia masih menderita kerugian sebesar US$ 4,16 miliar atau setara dengan Rp 62,3 triliun.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News