customer.co.id – Pada era digital ini, digital marketing sudah menjadi salah satu opsi yang diperhitungkan dalam pengembangan perusahaan. Dengan menggunakan strategi digital marketing, pertumbuhan sebuah perusahaan bisa naik berkali-kali lipat.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa Public Relations President University kembali mengadakan seminar yang bertema-kan: Digital Marketing Strategies & Tactics in Pharmacy Industry pada Kamis, 27 Oktober 2022.

Webinar tersebut menghadirkan Mohammad Reiza selaku Social Media Management Specialist dan Digital Marketing Division dari PT Kimia Farma sebagai pemapar materi.

Berikut ini adalah cara-cara yang Reiza paparkan untuk merancang strategi digital marketing.

1. Proses kreatif

    Perencanaan. Teliti tren terbaru dan ekosistem digital. Analisis apa yang dilakukan pesaing dan publik. Membuat konten yang berhubungan dengan visi dan misi perusahaan.

    Pembuatan. Buatlah visual dari konten yang sudah direncanakan. Jadikan konten fleksibel sehingga konten dapat digunakan di berbagai platform.

    Posting. Menggugah konten visual dan diteruskan ke situs web masing-masing dedak untuk tujuan mengintegrasikan konten agar lebih efisien dalam memperbarui konten.

    Konversi. Konten yang dibuat diharapkan mampu meningkatkan brand awareness di kalangan komunitas digital, mengubah non-followers menjadi followers, dan mengubah konten menjadi penjualan.

    Pemantauan & evaluasi. Pada akhir bulan, semua konten akan dievaluasi konten untuk melihat apa yang perlu ditingkatkan dan dibangun berbeda dengan konten merek lain.

2. Menambahkan akun media sosial untuk setiap merek

Salah satu cara PT Kimia Farma untuk mendapatkan lebih banyak konsumen adalah dengan fokus pada branding pada setiap produknya. Kimia Farma membuat akun media sosial untuk setiap produk yang mereka buat dan menetapkan target pencapaian untuk setiap akun yang mereka buat, seperti mendapatkan centang biru di Instagram (akun terverifikasi) dan membuat podcast di YouTube. Selain itu, konsistensi dalam pembuatan konten juga diperlukan.

3. Pemanfaatan Iklan Media Sosial

    Iklan Instagram & Facebook. Mengoptimalkan penggunaan iklan Instagram dan Facebook untuk mendukung kampanye.

    Iklan Google. Tingkatkan lalu lintas situs web dan penempatan di platform Youtube.

    SEO & SEM. Dalam upaya meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil pencarian Google atau sejenisnya.

4. Evaluasi Pemasaran Digital

Tahap terakhir adalah mengevaluasi semua konten yang telah dibuat. Analisis kinerja setiap produk dari setiap akun. Tahap ini penting karena mengetahui di mana minat publik terhadap setiap produk, selera publik, dan bagaimana membuat konten lebih lanjut yang dapat menarik banyak publik.

Itulah cara-cara merancang strategi digital marketing yang Mohammad Reiza sampaikan dalam seminar Digital Marketing Strategies & Tactics in Pharmacy Industry. Menyusun strategi bukanlah hal yang mudah, strategi yang sebelumnya bekerja, bisa jadi tidak berlaku untuk dikemudian hari. Oleh karena itu kita harus fleksibel dan tetap mengikuti perkembangan tren dan digital.

KOMPASIANA ARENA

    Survei Berhadiah Tentang Employer Branding

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 102 Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia

    TTS – Teka – Teki Santuy Eps 101 Kanker Paling Mematikan

Survei Berhadiah Tentang Employer Branding

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 102 Tanaman Obat Paling Populer di Indonesia

TTS – Teka – Teki Santuy Eps 101 Kanker Paling Mematikan

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News