customer.co.id – Berapa biaya kelebihan bagasi Lion Air ? Pertanyaan tersebut kerap mencuat di kalangan penumpang yang bepergian menggunakan Lion Air dengan banyak barang bawaan.

Terlebih, terdapat batasan bagasi gratis Lion Air 2022 . Karena itu, informasi seputar aturan bagasi Lion Air 2022 perlu diperhatikan.

Artikel ini akan mengulas ketentuan bagasi Lion Air , lengkap dengan harga bagasi Lion Air 2022 per kilogram (Kg) yang berlaku saat ini.

Ketentuan bagasi kabin Lion Air

Bagasi kabin atau cabin baggage merupakan barang atau benda milik penumpang yang boleh dibawa ke kabin pesawat dan berada dalam pengawasan penumpang sendiri.

Dalam aturan bagasi Lion Air 2022, bagasi kabin gratis ini juga memiliki batasan. Barang yang dibawa dalam bagasi kabin tidak dimasukkan pada perhitungan bagasi gratis Lion Air 2022.

Dikutip dari laman resmi Lion Air pada Senin (3/10/2022), ketentuan ukuran bagasi kabin untuk penerbangan Lion Air adalah berat maksimal 7 Kg dengan dimensi 40 Cm x 30 Cm x 20 Cm untuk tipe pesawat Boeing/Airbus.

Jika melebihi ketentuan tersebut, maka penumpang harus membayar biaya kelebihan bagasi Lion Air sesuai ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut, dalam ketentuan bagasi Lion Air, pada bagasi kabin penumpang diperbolehkan membawa barang pribadi seperti tas laptop/ tas jinjing wanita/ bahan bacaan/ kamera/ perlengkapan bayi.

Kuota bagasi gratis Lion Air 2022

Selain bagasi kabin, penumpang juga bisa membawa barang bawaan untuk diletakkan di bagasi pesawat secara gratis dengan batasan tertentu.

Lion Air memberikan fasilitas berupa bagasi cuma-cuma (free baggage allowance), yakni kuota bagasi dengan jumlah tertentu yang diberikan kepada penumpang pesawat terbang, sesuai tiket maskapai penerbangan yang dibeli.

Dalam aturan bagasi Lion Air 2022, konsep bagasi cuma-cuma meliputi:

  • Weight concept: bagasi cuma-cuma yang ditentukan berdasarkan berat bagasi tertentu.
  • Piece concept: bagasi cuma-cuma yang ditentukan berdasarkan jumlah koli tertentu.

Dalam ketentuan bagasi Lion Air ini, kuota bagasi gratis Lion Air 2022 ditetapkan seberat 20 Kg, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Lebih lanjut, terdapat ketentuan sebagai berikut:

  • Rute transit (connecting) Lion Group keberangkatan dari Indonesia mengacu pada bagasi cuma-cuma (free baggage allowance) terbesar setelah dibandingkan antara 2 (dua) atau lebih maskapai/ segment yang digunakan.
  • Rute transit (connecting) Lion Group keberangkatan dari luar Indonesia/ transit dengan Maskapai di luar Lion Group mengacu pada yang tertera pada tiket.

Perlu dicatat, ketentuan tersebut tidak berlaku untuk penerbangan dengan ) rute Kuala Namu (KNO) – Penang (PEN) atau Penang (PEN) – Kuala Namu (KNO).

Khusus untuk rute tersebut, tidak ada bagasi gratis Lion Air 2022 mulai keberangkatan tanggal 01 Juli 2022. Di sisi lain, Lion Air memberikan special prepaid baggage (bagasi prabayar khusus).

Harga bagasi Lion Air 2022 rute Kuala Namu (KNO) – Penang (PEN) atau Penang (PEN) – Kuala Namu (KNO) yaitu Rp 150.000 dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Berlaku harga khusus mulai dari 20 (dua puluh) Kg.
  • Hanya dapat dibeli maksimal hingga 30 (tiga puluh) Kg untuk setiap penumpang.
  • Hanya dapat dibeli 1 (satu) kali untuk setiap penumpang.
  • Dapat dibeli hingga 6 (enam) jam sebelum keberangkatan (tidak termasuk rute transit).
  • Dapat dibeli melalui Website Lion Air, Kantor Lion Air Tower atau Travel Agent.
  • Biaya kelebihan bagasi (excess baggage) tetap akan dikenakan jika pelanggan setia membawa bagasi melebihi bagasi prabayar khusus (special prepaid bagggage).

Biaya bagasi Lion Air 2022

Lion Air memiliki layanan yang dinamakan bagasi prabayar. Semua penumpang dapat mendapatkan harga yang lebih terjangkau dengan memesan bagasi prabayar melalui situs web www.lionair.co.id setidaknya 6 jam sebelum keberangkatan.

Dalam aturan bagasi Lion Air 2022, syarat dan ketentuan pembelian prepaid bagasi atau bagasi prabayar adalah sebagai berikut:

  • Pembelian bagasi prabayar dapat dilakukan hingga 6 jam sebelum keberangkatan.
  • Pembelian bagasi prabayar mulai dari 5 Kg, 10 Kg, 15 Kg, 20 Kg, 25 Kg, 30 Kg.
  • Batas maksimum pembelian bagasi prabayar sejumlah 30 Kg per penumpang.
  • Pembelian bagasi prabayar dapat dilakukan melalui Website, Travel Agent, Lion Air Tower, Kantor Perwakilan Lion Group di daerah.
  • Biaya kelebihan bagasi (excess baggage) tetap dikenakan jika penumpang membawa bagasi melebihi jatah bagasi (baggage allowance) dan bagasi prabayar (prepaid baggage).
  • Sisa kelebihan kuota bagasi (extra baggage allowance) tidak dapat dikembalikan
  • Prepaid Bagasi tidak bisa di refund, kecuali bersamaan dengan tiket.

Adapun harga bagasi Lion Air 2022 dapat dilihat . Itulah informasi seputar ketentuan bagasi Lion Air.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://customer.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://customer.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News