SURYA.CO.ID, SIDOARJO – Sejumlah petani di Desa Penjangkungan, Kecamatan Prambon, Sidoarjo terlihat gembira.

Maklum, mereka baru saja mendapat bantuan alat dan mesin pertanian berupa 10 hand tractor dari DPD Partai Golkar Sidoarjo, Kamis (7/7/2022).

Menurut Ngadiono, Ketua Gapoktan Desa Penjangkungan, bantuan itu sangat berarti bagi mereka.

Selain meringankan beban para petani, juga membantu para petani dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari.

“Sat musim tanam, biasanya kami mengeluarkan biaya untuk menyewa tractor. Dengan adanya bantuan ini, tentu kami tidak perlu lagi menyewa,” kata Ngadiono.

Baca juga: Sopir Truk Asal Nganjuk Ditangkap di Tuban, Polisi : Uang Perusahaan Dipakai Beli Sabu

Selain berterima kasih kepada para pihak yang telah memberikan bantuan ini, para petani juga berharap agar secepatnya bisa merealisasikan keluhan petani terkait kebutuhan mesin pompa air dan bantuan mesin tanam padi.

“Itu yang selama ini dikeluhkan para petani. Semoga bisa segera direalisasikan,” harap Ngadiono dan beberapa petani lain.

Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa 10 hand traktor kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari Partai Golkar disebar di 10 Desa di Kabupaten Sidoarjo.

“Bantuan Alsintan ini merupakan aspirator dari Anggota DPR RI Adies Kadir bersama DPD Partai Golkar Sidoarjo,” kata Ketua DPD Golkar Sidoarjo Adam Rusydi.

Menurut anggota Komisi E DPRD Jatim tersebut, pertanian merupakan sektor yang membutuhkan kehadiran negara, dan petani perlu dibantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi mereka.

“Banyak keluhan dari Gapoktan yang mewakili Petani di Sidoarjo. Keluhan terkait saluran irigasi, sulitnya mendapatkan air, masalah pupuk, harga jual gabah saat musim panen yang turun, butuhnya mesin pertanian yang modern dan lainnya kepada Partai Golkar Sidoarjo,” ungkapnya.

Baca juga: Kabupaten Bangkalan Masih Kekurangan 2.500 Guru SD/SMP, Ini Kata Bupati Ra Latif

“Dan Alhamdulillah kami bisa merealisasikan bantuan hand traktor kepada perwakilan petani melalui Gapoktan, secepatnya kami juga akan merealisasi permintaan petani Sidoarjo yang membutuhkan mesin diesel pompa air untuk pengairan lahan pertanian mereka,” lanjutnya.

Disebutnya bahwa petani adalah kelompok profesi yang sangat loyal dan menjadi garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan negara.
Namun selama ini mereka masih kerap dirugikan dalam sistem perekonomian yang cenderung liberal.

“Harapan kami, bantuan Alsintan ini bisa membantu Petani Sidoarjo dalam proses mereka bertani seperti mempercepat proses tanam, proses pembajakan dan proses panen mereka. Oleh karena itu negara wajib hadir untuk membantu petani dalam menyelesaikan setiap problem yang ada di petani,” pungkasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Customer.co.id di Google News